[SALAH] Wawancara Mengenai Rahasia Sukses Bill Gates

Hasil Periksa Fakta Aldinshah Vijayabwana.

Konten yang salah. Foto yang dilampirkan berasal dari wawancara Bill Gates di acara This Morning pada 26 Oktober 2016. Dalam wawancara tersebut Bill Gates membicarakan tentang keputusannya untuk mundur dari perkuliahan dan menjawab beberapa pertanyaan, namun tidak ada pertanyaan mengenai rahasia suksesnya
Selengkapnya di PENJELASAN dan REFERENSI
======


KATEGORI
Konten yang Salah, ketika informasi yang benar dipadankan dengan konteks informasi yang salah.
======

NARASI
Akun Eunbi Hong pada tanggal 18 Desember 2020 pukul 16.27 WIB mengirimkan foto di grup Dimensi Pengetahuan, yang diatur terbuka untuk publik. Foto tersebut menampakkan Bill Gates sedang melakukan wawancara dengan dua orang wartawan. Dalam foto tersebut ditambahkan narasi bahwa sang wartawan bertanya mengenai rahasia sukses Bill Gates, yang dijawab Bill Gates dengan memberi cek kosong dan meminta wartawan tersebut menuliskan jumlah uang yang diinginkannya. Wartawan tersebut tetap bertanya, dan Bill Gates tetap meminta wartawan itu untuk menulis jumlah uang yang diinginkannya di cek tersebut, maka wartawan tersebut akhirnya kesal dan merobek cek kosong itu. Baru kemudian Bill Gates kemudian memberitahu rahasia suksesnya, yaitu tidak melewatkan kesempatan sebagaimana yang dilakukan wartawan tersebut.
Pada saat kiriman tersebut ditangkap layar dan diarsip oleh pemeriksa fakta pada tanggal 22 Desember 2020 pukul WIB, kiriman tersebut telah mendapatkan 4329 reaksi, 328 komentar, dan dibagikan sebanyak 602 kali.

Sumber: https://archive.md/ZF7Sc
======

PENJELASAN
Foto yang ditampilkan dalam kiriman tersebut berasal dari wawancara Bill Gates pada 26 Oktober 2016 dengan Holly Willoughby dan Phillip Schofield, dalam acara This Morning yang ditayangkan di ITV. Dalam wawancara tersebut, Bill Gates menceritakan bagaimana keahliannya di bidang komputer membuat guru-gurunya membolehkan dia untuk mengatur jadwal pelajaran di sekolah, keputusannya mengundurkan diri (drop out) dari perkuliahan di Harvard untuk memulai Microsoft, dan gaya kepemimpinannya pada awal Microsoft berdiri, yang menurutnya tidak baik karena terlalu keras.
Kemudian dalam wawancara tersebut ditanyakan juga pertanyaan-pertanyaan yang ingin ditanyakan orang-orang kepada Bill Gates. Pertanyaan tersebut adalah hal paling royal yang pernah Bill Gates lakukan, jumlah uang yang ada di dompetnya, apakah Bill Gates pernah mengenakan pakaian yang sama dua kali, jumlah kamar mandi di rumah Bill Gates, dan apa hadiah Natal yang diinginkan Bill Gates.
Pada akhir wawancara, Holly Willoughby memberikan hadiah kepada Bill Gates berupa mug dengan logo This Morning. Momen pemberian hadiah pada menit ke 5:44 ini menjadi foto untuk pendukung narasi yang dibagikan sumber.
Topik lain yang dibicarakan Bill Gates dalam wawancara di This Morning adalah mengenai yayasan amal Bill Gates dan bagaimana Bill Gates tidak akan mewariskan harta kepada anak-anaknya saat ia meninggal. Dalam pencarian lebih lanjut tidak ditemukan bukti yang mendukung narasi yang dibagikan sumber.

REFERENSI
https://www.youtube.com/watch?v=ItFchh-vPgY
https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1370748063257725/