[SALAH] Robby Purba Meninggal Dunia

Hasil periksa fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Berita tersebut adalah hoaks. Faktanya, presenter Robby Purba tidak meninggal dunia. Foto Robby Purba yang memperlihatkan dirinya terbaring di Rumah Sakit, adalah foto dirinya saat dirawat akibat menjalani diet ketat.

Selengkapnya ada di penjelasan!

===

[KATEGORI]:
FABRICATED CONTENT/Konten Palsu

===

[SUMBER]:

INSTAGRAM/Youtube
archive.vn/g6CxW

===

[NARASI]:

Sebelum meninggal dunia, Robby Purba Baru Sadar Dapat Pesan Terakhir

INALILAHI, roby purba kabarkan kondisinya :sob::sob::sob:!!!

===

[PENJELASAN]:

Sebuah hasil tangkapan layar menampilkan dua video dengan judul yang memperlihatkan bahwa salah satu prensenter ternama Indonesia, Robby Purba, telah meninggal dunia. Akun Youtube yang bernama A2 INFO dan zonyot channel ini, mengunggah video dengan tampilan depan yang memperlihatkan foto Robby Purba bersama seorang wanita dengan diedit hitam putih, dan foto Robby Purba yang sedang terbaring di Rumah Sakit. Salah satu video itu tersebut pun telah ditonton hingga 450ribu kali.

Setelah dilakukan penelusuran, diketahui bahwa kabar Robby Purba telah meninggal dunia adalah hoaks. Robby pun melakukan klarifikasi melalui akun Instagramnya @robbypurba, yang menyatakan bahwa dirinya dalam keadaan baik-baik saja. Foto dirinya bersama seorang wanita adalah foto Robby dengan seorang peramal bernama Endang Tarot. Diketahui bahwa Endang Tarot telah meninggal pada Selasa 8 Desember 2020. Lalu, mengenai foto dirinya yang berada di ranjang Rumah Sakit, itu adalah foto dirinya pada bulan November lalu sewaktu dirawat akibat diet ketat yang dijalaninya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa kabar presenter Robby Purba adalah hoaks kategori fabricated content atau konten palsu.

===

[REFERENSI]:

https://www.liputan6.com/showbiz/read/4432578/robby-purba-dikabarkan-meninggal-dunia-andika-kangen-band-dan-iis-dahlia-marah-besar

https://kumparan.com/gosip-artis/masuk-rumah-sakit-robby-purba-terpaksa-harus-berhenti-diet-1ubi8yfYaAV

https://celebrity.okezone.com/read/2020/11/18/33/2311543/kondisi-drop-robby-purba-diminta-dokter-stop-diet-ketat?page=2