[SALAH] Situs Informasi Pengecekan Dana Bantuan oleh BPJS

Hasil periksa fakta Rahmah An Nisaa (Uin Sunan Ampel Surabaya).

Situs bit.ly/Bpjs_kesehatan adalah hoaks. Melalui akun Instagram resmi @bpjskesehatan_ri, diklarifikasi bahwa Website resmi BPJS Kesehatan yaitu www.bpjs-kesehatan.go.id, dan portal berita resmi yaitu www.jamkesnews.com.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======
KATEGORI: KONTEN TIRUAN / IMPOSTER CONTENT

======
SUMBER: WHATSAPP

https://archive.vn/Vqp0H

https://archive.vn/1xUhe

======
NARASI:

“INFO BPJS anda menerima dana bantuan cek tunai dari kantor BPJS pusat untuk info klik di: bit.ly/Bpjs_kesehatan”

======
PENJELASAN:

Beredar sebuah pesan berantai Whatsapp yang menginformasikan bahwa penerima pesan menerima bantuan cek tunai dana BPJS dengan mengklik tautan link bit.ly/Bpjs_kesehatan. Dalam situs tersebut menampilkan foto Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris dan artikel pemberitaan media online.

Berdasarkan hasil penulusuran, informasi yang beredar salah. Mengutip dari akun Instagram resmi @bpjskesehatan_ri yang bercentang biru, pihak BPJS mengklarifikasi bahwa “bit.ly/38uHgC7” bukan website resmi BPJS Kesehatan. Dan juga link yang terdapat dalam pesan Whatsapp tersebut “bit.ly/3hamYl5”, juga bukan website resmi BPJS Kesehatan.

“Sahabat, kalian harus berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan ya!
Website resmi BPJS Kesehatan yaitu www.bpjs-kesehatan.go.id. Selain itu, BPJS Kesehatan juga memiliki portal berita resmi yaitu www.jamkesnews.com.
Jika kalian melihat website lain yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan, kalian jangan mudah percaya dengan informasi yang terdapat di website tersebut.
#BPJSKesehatanRI
#BPJSKesMelayaniNegeri” tulis BPJS Kesehatan pada 15/12/2020.

Melihat dari penjelasan tersebut, bantuan cek tunai dana BPJS Kesehatan adalah tidak benar sehingga termasuk dalam kategori Konten Tiruan / Imposter Content.
======

REFERENSI
https://www.instagram.com/p/CIxTMyyM_j9/
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4436475/waspada-situs-palsu-yang-mencatut-bpjs-kesehatan