[SALAH] Vaksin Covid-19 Buatan Pfizer Berbentuk Vape

Hasil Periksa Fakta Konaah (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta.

Pfizer mengonfirmasi bahwa vaksin Covid-19 dalam bentuk vape adalah palsu. Selain itu vaksin Covid-19 buatan Pfizer diberikan dengan penyuntikan di bagian atas lengan. Vaksin ini diberikan dalam dua dosis dengan jarak 21 hari.

==================

Kategori: Konten Palsu

==================

Sumber: Facebook

https://archive.vn/b3BWI

==================

Narasi:

“seems legit 🙅”

==================

Penjelasan:

Akun Facebook Austin Sidney Palmer mengunggah sebuah gambar vaksin Covid-19 buatan Pfizer berbentuk vape atau rokok elektrik. Postingan yang diunggah pada 11 Desember 2020 ini telah mendapat tanggapan sebanyak 9 komentar dan telah dibagikan sebanyak 13 kali oleh penguna Facebook lainnya.

Dalam postingannya terdapat vape yang masih dibungkus dengan logo dan kemasan mirip Pfizer. Di kemasannya juga terdapat tulisan Coronavirus Vaccine Covid-19 dan Vaporizer Cartridge. Di bawah kemasan juga terdapat tulisan single dose dan made in china. Ia juga menambahkan narasi dalam postingan itu “seems legit” atau dalam bahasa Indonesia “sepertinya asli”.

Setelah ditelusuri, vaksin berbentuk vape itu adalah tidak benar.

Dilansir dari Reuters Fact Check, Pfizer melalui email juga mengonfirmasi bahwa vaksin Covid-19 dalam bentuk vape adalah palsu. Selain itu vaksin Covid-19 buatan Pfizer diberikan dengan penyuntikan di bagian atas lengan. Vaksin ini diberikan dalam dua dosis dengan jarak 21 hari.

Melansir dari Liputan6.com, National Health Services (NHS) atau layanan kesehatan masyarakat di Inggris Raya dalam keterangan di websitenya, Inggris sejauh ini melakukan vaksinasi yang berasal dari Pfizer dan BioNTech. Sejauh ini sudah ribuan orang yang divaksinasi dan sangat jarang yang melaporkan masalah efek samping serius. Komplikasi jangka panjang juga tidak ada yang melaporkan.

Terkait dengan asal pembuatan, dalam websitenya Pfizer menjelaskan bahwa memanfaatkan lokasi manufakturnya di AS untuk memproduksi vaksin Covid-19 – Saint Louis, Missouri, Andover, Massachusetts, dan Kalamazoo, Michigan. Situs Pfizer’s Pleasant Prairie, Wisconsin dan puurs, Belgia juga digunakan.

Dengan demikian, vaksin Covid-19 buatan Pfizer berbentuk vape atau rokok elektrik adalah tidak benar dan masuk dalam kategori konten palsu.

==================

Referensi:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4439494/cek-fakta-hoaks-vaksin-covid-19-buatan-pfizer-berbentuk-vape

https://www.reuters.com/article/uk-factcheck-vape/fact-check-covid-19-vape-vaccine-is-a-hoax-idUSKBN28V1XE

https://www.pfizer.com/news/press-release/press-release-detail/pfizer-and-biontech-celebrate-historic-first-authorization

https://www.nhs.uk/conditions/coronavirus-covid-19/coronavirus-vaccination/coronavirus-vaccine/