[SALAH] Video Kehidupan Keras Penduduk Asli Hutan Amazon

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga).

Informasi yang salah. Faktanya, penduduk asli yang ditunjukkan dalam video adalah Suku Suri dan Hamar dari Afrika Timur. Hingga saat ini suku tersebut masih mempertahankan tradisi nenek moyang mereka, hidup di alam bebas, dan sedikit terjamah modernitas. Meski begitu mereka termasuk suku yang dilindungi keaslian dan habitatnya.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

====

KATEGORI: Konten yang Salah (False Context)

====

SUMBER: Facebook

https://archive.vn/2XOso

https://www.facebook.com/Marupok.GYB/videos/746604525926513/

====

NARASI:

“Kehidupan Keras Penduduk Asli Hutan Amazon”

(Video berdurasi 3 menit 43 detik)

====

PENJELASAN:

Beredar postingan di Facebook berupa video yang disebarkan oleh akun Facebook “Marupok”, telah dilihat 6,5 juta kali, mendapat 2,8 ribu likes dan disebarkan sebanyak 14 ribu kali. Dalam video tersebut diperlihatkan penduduk berkulit hitam yang tampak sebagai sebuah suku yang mendiami suatu daerah. Postingan tersebut diberi judul “Kerasnya Kehidupan Penduduk Asli Hutan Amazon”, dalam videonya diiringi alunan musik bernada mengharukan.

Setelah dilakukan penelusuran fakta, diketahui bahwa penduduk yang ditampilkan dalam video adalah Suku Suri dan Hamar. Mereka adalah suku yang menempati kawasan pedalaman Barat Daya Ethiopia, Afrika Timur, dan sebagian lagi ada di Sudan Selatan.

Dilansir dari website survivalinternational.org, sebuah lembaga NGO internasional yang bergerak di bidang perlindungan suku asli, menyatakan bahwa terdapat sekitar 400 suku yang mendiami hutan Amazon. Ada banyak suku yang tidak diketahui dan belum terjamah penduduk luar. Meski begitu berbagai penelitian di bidang kebudayaan dan lembaga konservasi alam, membuktikan bahwa Suku Suri dan Hamar sebagaimana yang tampak dalam video berasal dari Afrika, tepatnya di pedalaman Barat Daya Ethiopia bukan hutan Amazon Brazil.

Dikutip dari situs resmi National Geographic (nationalgeographic.com), Suku Suri dan Hamar tinggal di tepi Barat Sungai Omo bersama suku-suku lainnya, yang dahulu tidak terjamah kolonialisasi Eropa, sehingga masih mempertahankan cara hidup tradisional selama berabad-abad. Mereka bertahan hidup dengan beternak terutama sapi dan memiliki lahan ternak di Lembah Omo.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa penduduk asli sebagaimana yang ditampilkan pada video adalah Suku Suri dan Hamar yang mendiami pedalaman Barat Daya Ethiopia, Afrika. Mereka masih mempertahankan cara hidup tradisional karena hampir tidak pernah terjamah penduduk luar. Sehingga klaim akun Marupok bahwa videonya menampilkan penduduk asli hutan Amazon adalah HOAX dan termasuk kategori FALSE CONTEXT.

====

REFERENSI:

https://www.tribes.world/suri

https://www.nationalgeographic.com/photography/photo-of-the-day/2018/12/suri-tribe-ethiopia-omo-valley/

https://www.survivalinternational.org/about/amazontribes

https://www.survivalinternational.org/tribes/omovalley