[SALAH] Cristiano Ronaldo Masuk Islam pada 8 Desember 2020

Hasil periksa fakta Rahmah An Nisaa (Uin Sunan Ampel Surabaya).

Faktanya foto tersebut ternyata bersumber dari situs alhakea.com. Foto itu diambil ketika Ronaldo tengah berkunjung ke Dubai, Uni Emirat Arab, dan tidak ada hubungannya dengan pindah agama.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI: KONTEN PALSU/FABRICATED CONTENT

======

SUMBER: ARTIKEL

http://new.kisahinspiratiff.com/2020/12/subhanaallahcristiano-ronaldo-
(https://archive.vn/YW6yi)

======

NARASI:

” Cristiano Ronaldo masuk Islam? Begitu pertanyaan netizen dan fans berat Real Madrid setelah,”

======

PENJELASAN:

Beredar kabar tentang pesepakbola asal Portugal, Cristiano Ronaldo, memeluk agama Islam. Kabar tersebut dimuat melaui situs new.kisahinspiratiff.com dengan judul ” Subhanaallah.Cristiano Ronaldo Masuk Islam dan Ucapkan Assalamualaikum” pada 8 Desember 2020, dengan menampilkan foto Christiano Ronaldo mengenakan baju gamis berwarna putih dengan penutup kepala. Ia tampak berpose bersama dua pria sambil memegang bahu anak laki-lakinya. Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan kepindahan keyakinan Ronaldo.

Berdasarkan hasil penulusuran, foto Ronaldo memakai baju gamis dimuat di alhakea.com. Foto itu diambil ketika Ronaldo tengah berkunjung ke Dubai, Uni Emirat Arab. Foto tersebut juga ditemukan di akun Twitter @ReyLaMadrid yang mengunggah foto tersebut pada 26 Desember 2014 silam dilansir pada lipatan.com.

Mengenai Christiano Ronaldo masuk islam, hasilnya beberapa artikel membantah kabar tersebut. Satu di antaranya yaitu situs berita Hollowverse, yang menuliskan bahwa Ronaldo beragama katolik, di samping itu Ronaldo juga sering menjadi donator dalam kegiatan amal untuk anak-anak, penelitian AIDS, bencana, dan pendiidkan, dan memang mengagumi islam.

Atas penjelasan tersebut Christiano Ronaldo masuk islam adalah tidak benar dan masuk ke dalam kategoti Konten Palsu atau Fabricated Content.

REFERENSI
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4434110/cek-fakta-hoaks-kabar-cristiano-ronaldo-masuk-islam-pada-8-desember-2020
https://hollowverse.com/cristiano-ronaldo/
http://www.alhakea.com/word/?p=24390