[SALAH] Video Pria Ditinggal Nikah Setelah Pacaran 5 Tahun

Hasil periksa fakta Aisyah Adilah (Anggota Komisariat MAFINDO Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik Jakarta)

Faktanya, pria dan wanita dalam video tersebut hanyalah saudara sepupu dan video tersebut hanya untuk konten saja.

= = = = =

[KATEGORI]: KONTEN PALSU

= = = = =

[SUMBER]: INSTAGRAM
https://archive.vn/62Mql

= = = = =

[NARASI]:
Menjaga jodoh orang selama kuliah. Vidio ini mengandung bawang gaes :sob:

= = = = =

[PENJELASAN]:

Beredar melalui aplikasi Instagram sebuah video Tiktok yang dibagikan oleh akun @kepo.kampus memperlihatkan kebersamaan antara laki-laki dan perempuan. Laki-laki dalam video tersebut menceritakan bahwa mereka telah pacaran selama lima tahun. Namun, akhirnya wanita dalam video tersebut menikah dengan orang lain.

Setelah ditelusuri, melalui akun Twitternya pihak mempelai pria menegaskan bahwa hubungan antara lelaki dan perempuan dalam video tersebut adalah saudara sepupu. Laki-laki tersebut sebelumnya telah izin membuat Tiktok di hari pernikahannya, namun kedua mempelai mengira konten yang akan dibawakan hanya joget saja.

“Halo teman-teman, saya mau klarifikasi kalo ada yang liat video viral yang lagi ramai tentang cowo yang pacaran 5 tahun lalu ditinggal nikah, itu berita bohong ya, karena sebenernya itu adalah sepupu dia, dan tanpa sepengetahuan kami dijadikan cerita Tiktok bohong seperti itu.” Ungkap Tirta Dwi Saputra melalui akun Twitter @Tirta_Saky selaku mempelai pria.

Sehingga, video mengenai pria yang ditinggal nikah setelah lima tahun pacaran termasuk hoaks dengan kategori konten yang menyesatkan.

= = = = =

[REFERENSI]:

https://www.tribunnews.com/regional/2020/12/12/hoaks-video-viral-pria-ditinggal-nikah-setelah-5-tahun-pacaran-begini-klarifikasi-pengantin-pria

https://hot.grid.id/read/182467182/bikin-rusak-rumah-tangga-orang-pasutri-ini-dapat-bullyan-netizen-usai-viralnya-video-tiktok-5-tahun-pacaran-ditinggal-nikah-ternyata-konten-hoaks-dan-ini-pelakunya