[SALAH] Akun Whatsapp Ketua DPRD Tangsel “Abdul Rasyid”

Hasil periksa fakta Rahmah An Nisaa (Uin Sunan Ampel Surabaya).

Melalui akun Instagram resmi @dprdtangselkota, diklarifikasi bahwa akun Whatsapp tersebut bukan milik Ketua DPRD Tangsel, Abdul Rasyid dan meminta agar warga waspada terhadap oknum-oknum tersebut.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT / KONTEN TIRUAN

======

SUMBER: WHATSAPP

======

NARASI:
“Modus penipuan melalui pesan Whatsapp mengatasnamakan Ketua DPRD Tangsel Abdul Rasyid menawarkan kendaran bermotor Vario dengan nomor polisi B 4138 TVC, dan membuka harga senilai Rp4 juta kepada salah seorang wartawan.”

======

PENJELASAN:

Akun Instagram resmi DPRD Tangerang Selatan, mengunggah tangkapan layar akun Whatsapp berfoto profil Abdul Rasyid dengan nomor 0852 1515 7639 yang mengatasnamakan Ketua DPRD Tangerang Selatan, Abdul Rasyid, isi pesan tersebut menawarkan kendaran bermotor Vario dengan nomor polisi B 4138 TVC, dan membuka harga senilai Rp4 juta kepada salah seorang wartawan.

Melalui banten.suara.com, Kasubag Humas, Protokol dan Kesekertariatan DPRD Tangsel, Azwar juga mengonfirmasi perihal akun Whatsapp yang mencatut nama Abdul Rasyid tersebut.

“Kepada warga Tangsel diimbau agar lebih waspada terhadap berbagai jenis penipuan mengatasnamakan keluarga, kerabat, pejabat publik dan yang lainnya,” katanya saat dikonfirmasi oleh suara.banten.com pada Jumat (11/12/2020).

Selain akun Whatsapp, penipu juga membuat akun Facebook, memakai foto profil Abdul Rasyid sama seperti foto profil di akun Whatsapp. Penipu juga mencantumkan keterangan bekerja di Humas DPRD Tangsel, dan akun Facebook tersebut dibuat pada 9 Desember lalu.

Atas penjelasan tersebut akun Whatsapp Ketua DPRD Tangsel “Abdul Rasyid” menawarkan kendaraan bermotor adalah tidak benar dan masuk ke dalam kategoti Konten Tiruan atau Imposter Content.

======

REFERENSI:
https://www.instagram.com/p/CIqNAg7pwIj
https://banten.suara.com/read/2020/12/12/083047/pilkada-usai-ketua-dprd-tangsel-banting-setir-jual-motor-ini-faktanya