[SALAH] Kaca Pos Lantas Perbaungan Ditembak OTK

Hasil periksa fakta Rizqi Abdul Azis (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia).

Informasi yang salah. Pihak kepolisian telah memberikan klarifikasi dengan menyebut kaca Pos Lantas Perbaungan berlubang karena terkena hempasan batu dari roda kendaraan truk.

= = = = =

KATEGORI: MISLEADING CONTENT / KONTEN YANG MENYESATKAN

= = = = =

SUMBER: FACEBOOK

https://archive.vn/vxMN1

= = = = =

NARASI:

“Bukan razia rupanya tadi😊 rupanya ad hal lain… Smoga tertangkap👍💪💪💪”

Narasi pada gambar:
“Selamat Siang.
Diinformasikan telah terjadi penembakan oleh OTK yang diarahkan ke Pos Lantas simpang tiga Perbaungan. Tidak ada korban jiwa maupun korban luka pada kejadian ini. Pelaku melarikan diri.
Terimakasih.”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook bernama Andhika Aditya Hermawan mengunggah status yang menyebut telah terjadi penembakan ke pos lantas Perbaungan oleh Orang Tidak Dikenal (OTK) hingga melubangi kaca pos. Status tersebut kemudian dibagikan dalam bentuk tangkapan layar oleh pengguna bernama Sri Wahyuni pada 12 Desember 2020.

Menanggapi kabar tersebut, Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang didampingi Kasat Reskrim AKP Pandu Winata di Perbaungan mengatakan postingan tersebut tidak benar alias hoaks dan menyebut lubang di kaca sebagai akibat dari kerikil yang terhempas dari jalan. Hal itu berdasarkan hasil cek olah TKP yang dilakukan Tim Inavis Polres Sergai bersama Tim Labfor Polda Sumut.

“Setelah tim melakukan cek TKP, diketahui dinding kaca itu bolong (rusak) bukan karena ditembak, melainkan terkena hempasan batu dari roda kendaraan truk,” kata Robin dilansir dari gosumut.com, 12 Desember 2020.

Selain itu situs lain memberitakan warga sekitar lokasi tidak mendengar suara tembakan maupun melihat pelaku penembakan. Sehingga dari penelusuran di atas, status tersebut masuk kategori Konten yang Menyesatkan.

= = = = =

REFERENSI:
https://sumut.inews.id/berita/beredar-kabar-pos-lantas-perbaungan-ditembak-polda-sumut-tidak-benar
https://www.gosumut.com/berita/baca/2020/12/12/beredar-kabar-kaca-pos-lantas-perbaungan-ditembak-otk-kapolres-sergai-sebut-hoax
https://jabarnews.com/read/96148/heboh-kaca-poslantas-simpang-tiga-perbaungan-mendadak-bolong-mirip-ditembak