[SALAH] Bunga Raja di Gunung Himalaya Mekar 400 Tahun Sekali

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (Institut Agama Islam Negeri Surakarta).

Informasi tersebut tidak benar. Tanaman tersebut bernama Rheum Nobile/Sikkim Rhubarb/Noble Rhubarb yang mekar setiap tahun pada bulan Juli-Agustus.
Selengkapnya pada penjelasan!
= = = = =

KATEGORI: Konten yang Salah

= = = = =

SUMBER: Facebook

https://archive.vn/tBnlA

= = = = =

NARASI:
“Bunga Raja dari Gunung Himalaya yang mekar 400 tahun sekali, tahun ini 2020 mekar dan kita adalah orang yang beruntung melihatnya.
Silakan dikongsi , sehingga orang lain pun melihatnya. Semoga orang yang melihat nya sehat dan panjang umur seperti bunga raja…aamiin”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar di Facebook akun bernama Azam Man memposting sebuah gambar tanaman dengan klaim tanaman itu berasal dari Gunung Himalaya yang mekar hanya 400 tahun sekali. Postingan tersebut diunggah pada 12 Agustus 2020.

Setelah ditelusuri, melansir dari liputan6.com didapatkan informasi tanaman tersebut bernama Rheum Nobile/Sikkim Rhubarb/Noble Rhubarb yang berada di pegunungan Himalaya dan mekar setiap tahun pada bulan Juli-Agustus.

Melansir dari flowersofindia.net, Sikkim Rhubarb tumbuh pada ketinggian 3600-4500 meter. Tanaman ini juga dikonsumsi oleh penduduk setempat dan tanaman itu juga disebut Chuka.

Dengan demikian, klaim bahwa tanaman tersebut mekar 400 tahun sekali tidak benar. Tanaman tersebut adalah Rheum Nobile/Sikkim Rhubarb/Noble Rhubarb yang mekar setiap tahun, sehingga masuk ke dalam kategori konten yang salah.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4431709/cek-fakta-tidak-benar-bunga-ini-muncul-setiap-400-tahun-sekali-simak-penelusurannya
http://www.flowersofindia.net/catalog/slides/Sikkim%20Rhubarb.html