[SALAH] Video Perayaan Kemenangan Gibran di Pilkada Solo

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Narasi yang salah. Faktanya, video unggahan tersebut bukan video perayaan kemenangan Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Solo 2020, melainkan video konvoi pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin saat kampanye Pilpres 2019.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Menyesatkan

====

Sumber: Twitter
https://archive.md/Znkyu

====

Narasi:
“VIDIO COPAS DARI GRUP WA : PERAYAAN KEMENANGAN ANAK PRESIDEN DI PILKADA WALI KOTA SOLO, BEBAS TANPA PAKAI MASKER.”

====

Penjelasan:

Akun Twitter PAGUT IRUT (@IrutPagut) mengunggah video disertai narasi yang menggambarkan video tersebut adalah perayaan kemenangan anak presiden (Gibran Rakabuming Raka) di Pilkada Solo yang para pendukungnya tidak mengenakan masker. Unggahan yang diunggah pada 10 Desember 2020 itu telah ditonton sebanyak 6.888 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, narasi unggahan tersebut tidak tepat. Ditemukan video unggahan yang sama diunggah di YouTube oleh No Copyright Channel dan Bersabarlah dengan judul dan tanggal unggahan yang berbeda, yaitu “Konvoi Militan Banteng PDI Perjuangan” pada 9 April 2019 serta “Kampanye pilpres 2019 jokowi amin | keren | cantik | seksi | surakarta | jogja” pada 11 April 2019.

Mengutip dari portal Merdeka, calon wali kota yang saat ini unggul quick count Pilkada Solo, Gibran Rakabuming Raka menyatakan bahwa tidak menggelar perayaan kemenangan Pilkada Solo 2020. Ia menunggu perhitungan resmi dari KPU dan akan melakukan komunikasi intensif dengan wali kota dan wakil wali.

“Tidak ada selebrasi sama sekali. Kita tunggu perhitungan resmi dari KPU dulu. Setelah ini kita akan melakukan komunikasi intensif, sinkronisasi dengan wali kota dan wakil wali kota agar proses transisi berjalan lancar,” ungkapnya.

Dengan demikian, unggahan akun Twitter PAGUT IRUT (@IrutPagut) dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan karena video unggahan tersebut bukan video perayaan kemenangan Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Solo 2020, melainkan video konvoi pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin saat kampanye Pilpres 2019.

====

Referensi:

https://www.merdeka.com/politik/unggul-quick-count-pilkada-solo-gibran-janji-tak-ada-perayaan-kemenangan.html

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4430851/cek-fakta-viral-video-diklaim-konvoi-pendukung-gibran-usai-menang-pilkada-solo-2020-benarkah

#CekFaktaPilkadaMafindo