[SALAH] Starbucks menyediakan 2000 Limited Starbucks Thermo Flask untuk Semua Orang

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (Institut Agama Islam Negeri Surakarta).

Informasi yang berasal dari sebuah postingan di Facebook itu tidak benar. Melalui media sosial resminya, Starbucks Indonesia mengklarifikasi bahwa pihaknya tidak sedang melakukan promo seperti postingan di Facebook tersebut.

Selengkapnya pada penjelasan!

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu

= = = = =
SUMBER: Facebook

https://archive.vn/pDN2a

= = = = =

NARASI:

“WOW!

🎉Perayaan ulang tahun Starbucks🎉
Starbucks menyediakan 2000 Limited Starbucks Thermo Flask untuk semua orang

Menerima intruksi:

  1. Masing-masing hanya dapat berpartisipasi sekali
  2. Kualitas terbatas, pertama datang pertama kali
  3. Kegiatan kesejahteraan ini tidak memerlukan biaya apapun

Dapatkan milikmu di sini GRATIS
https://vip-j13[dot]work/j/?c=sb

19:57:20″

= = = = =

PENJELASAN:

Akun bernama Judhi Kristianto memposting sebuah tangkapan layar chat Whatsapp yang di dalamnya terdapat informasi bahwa dalam perayaan ulang tahun Starbuck menyediakan 2000 Limited Starbucks Thermo Flask untuk semua orang. Dalam narasi tersebut juga dicantumkan link untuk mendapatkan 2000 Limited Starbucks Thermo Flask.

Setelah ditelusuri, informasi bahwa kedai kopi Starbucks menyediakan 2000 limited Starbucks Thermo Flask secara gratis tidak ditemukan, terkait link yang dicantumkan pada narasi tersebut juga tidak benar, hal ini berpotensi untuk mengelabui. Selain itu pada akun Instagram resmi Starbucks Indonesia tidak ditemukan informasi tersebut. Dalam postingan Instagram Starbucks Indonesia pada tanggal 7 Desember 2020 menegaskan kegiatan promosi Starbucks selalu melalui media sosial atau platform resmi Starbucks, dan mengimbau untuk selalu waspada dari seringnya penipuan yang mengatasnamakan Starbucks. Kemudian pihak Starbucks Indonesia juga menyarankan jika terdapat informasi yang meragukan bisa menghubungi customer care Starbucks di 1500078 atau feedback@starbucks.co.id.

Dengan demikian informasi pada tangkapan layar di postingan Facebook Judhi Kristian tidak, sehingga hal ini masuk dalam konten palsu.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/ZkeYBQvk-cek-fakta-beredar-promo-starbucks-di-whatsapp-tentang-ini-cek-faktanya
https://www.instagram.com/p/CIgLu-lrKpP/?igshid=16u49apoumjr6