[SALAH] Salam Satu Jempol Jokowi untuk Mendukung Paslon No. 1 Pilkada Malaka 2020

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga).

Klaim yang salah. Faktanya, foto dan rangkaian kalimat salam satu jempol Jokowi yang ada pada gambar dilakukan saat kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin di momen Pilpres 2019 silam. Tidak ada kaitannya dengan dukungan kepada paslon nomor 1 di Pilkada Malaka 2020.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

====

KATEGORI: FALSE CONTEXT

====

SUMBER: Facebook

https://archive.vn/z3Uaj

https://www.facebook.com/groups/2888409697926612/permalink/3798240556943517

====

NARASI:

“Mana suara Pendukung #SNKT SAKTI”

(Tulisan dalam gambar)

Rekan SNKT

No.1

Salam Satu

Jempol

“Saya mengajak kita semuanya, marilah, utamanya anak muda, pengusaha muda, mari hijrah dari pesimisme keoptimisme. Dari konsumtif ke produktif, salam satu Jempol”

Jokowi

SNKT SAKTI

====

PENJELASAN:

Akun Facebook bernama Erwi Klau membagikan postingan berupa gambar dalam grup MALAKA MEMILIH 2021-2026. Postingan yang mendapat 169 likes, 22 komentar, dan dibagikan 2 kali memperlihatkan foto Jokowi dengan pose 1 jari jempol disertai dengan ucapan kalimat yakni,

“Saya mengajak kita semuanya, marilah, utamanya anak muda, pengusaha muda, mari hijrah dari pesimisme keoptimisme. Dari konsumtif ke produktif, salam satu Jempol”

Gambar tersebut kemudian diklaim oleh akun Erwi bahwa Jokowi melalui salam satu jempolnya mengajak untuk mendukung paslon nomor urut 1, Simon Nahak-Louise Lucky Taolin (SN-KT), di Pilkada Malaka 2020.

Setelah dilakukan penelusuran gambar melalui Yandex, foto Jokowi dengan pose 1 jari jempol tersebut telah beredar sejak tahun 2018.

Dilansir dari artikel berita kompas.com yang berujudul “Jokowi: Saya Mengajak Kita Semua Untuk Hijrah”, pertama kali tayang pada 3 November 2018, menyertakan foto yang sama persis. Diberitakan bahwa saat itu Jokowi sedang berpidato di acara deklarasi pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin, Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas), di Hotel Fairmont, Jakarta, Sabtu (3/11/2018).

Adapun kalimat lengkap yang diucapkan Jokowi saat itu, dikutip dari detik.com,

“Saya mengajak kita semuanya, marilah, utamanya anak muda, pengusaha muda, mari hijrah dari pesimisme ke optimisme. Dari konsumtif ke produktif, dari marah-marah ke yang sabar, yang marah-marah hijrah ke yang sabar. Sabar tapi kerja keras, ciri-ciri pengusaha muda di situ. Hijrah dari senang perpecahan ke persatuan Hijrah dari senang monopoli ke kompetisi, ini ciri-ciri kemajuan. Jangan senang diberi fasilitas dan hak monopoli, nggak akan maju. Terakhir dari individualistik ke kolaboratif, kerja sama-sama.”

Diketahui bahwa Jokowi-Ma’ruf Amin mendapat nomor urut 1 pada pilpres 2019 silam dan kerap menggunakan salam satu jempol sebagai ciri khas di setiap kampanye.

Dari berbagai data yang telah terkumpul dapat disimpulkan bahwa, salam satu jempol Jokowi berikut kalimat yang tercantum dalam gambar, diambil saat momen kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin pada November 2018 silam dan tidak ada kaitannya dengan dukungan kepada paslon nomor urut 1 Pilkada Malaka 2020. Sehingga klaim bahwa Jokowi mengajak dukungan kepada SN-KT adalah HOAX dan termasuk kategori FALSE CONTEXT.

====

REFERENSI:

https://news.detik.com/berita/d-4285853/jokowi-ke-relawan-mari-hijrah-dari-marah-marah-ke-sabar

https://nasional.kompas.com/read/2018/11/03/13470871/jokowi-saya-mengajak-kita-semua-untuk-hijrah

https://nasional.kompas.com/read/2018/10/28/16083021/jokowi-perkenalkan-salam-jempol#CekFaktaPilkadaMafindo