[SALAH] Video “Banjir lumpur dan batu Lahar dingin semeru”

BUKAN banjir lahar dingin Semeru. Kejadian di video itu adalah banjir yang menerjang jalan raya di Medog County, Tibet, pada September 2020.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Salah
============================================

Akun Muhammad Muhammad (fb.com/100014796336930) mengunggah sebuah video yang memperlihatkan banjir bandang dengan material bebatuan dan lumpur yang menerjang jalan raya dengan narasi sebagai berikut:

“Banjir lumpur dan batu …. Lahar dingin semeru … Smoga lekas normal”

Sumber : https://bit.ly/3gpDTzS (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya video banjir bandang dengan material bebatuan dan lumpur yang menerjang jalan raya terjadi di Semeru adalah klaim yang salah.

Faktanya, bukan banjir lahar dingin Semeru. Kejadian di video itu adalah banjir yang menerjang jalan raya di Medog County, Tibet, pada September 2020.

Video yang sama, diunggah di kanal Youtube Meteored pada 1 Oktober 2020 dengan judul “Debris flow in southeastern Tibet”. Di keterangannya, ditulis “These shocking scenes were recorded a few days ago in Mêdog county, after thaw occurred on the peaks.” atau yang jika diterjemahkan “Adegan mengejutkan ini direkam beberapa hari yang lalu di Mêdog county, setelah pencairan terjadi di puncak.”

Dilansir dari situs newsflare.com yang juga mengunggah video yang sama dengan judul “Massive mudslide hits eastern Tibet washing away roadbed”, tanah longsor menghantam bagian timur dan tenggara Tibet serta menghanyutkan sebagian badan jalan di Medog County, 27 September 2020 lalu.

Banjir dan longsor yang membawa material serta lumpur itu terjadi setelah hujan yang mengguyur kawasan tersebut beberapa hari. Saat itu, perbaikan jalan juga telah dilakukan dan diharapkan lalu lintas kembali normal pada 29 September 2020.

REFERENSI
https://www.youtube.com/watch?v=D68Rs1v9wig
https://www.newsflare.com/video/382724/massive-mudslide-hits-eastern-tibet-washing-away-roadbed

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo