[SALAH] Jokowi Tengah Memperhatikan Anies yang Sedang Membaca Buku

Hasil Periksa Fakta Konaah (Anggota Komisariat Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta).

Gambar hasil suntingan/editan. Foto tersebut merupakan suntingan dari foto asli milik Anies yang tengah membaca buku yang ia unggah ke akun Instagram miliknya yang diunggah pada 22 November 2020. Dalam foto aslinya hanya terdapat sosok Anies yang tengah membaca buku, adapun bagian dinding hanya terdapat hiasan kaligrafi.

===============

Kategori: Satire/Parodi

===============

Sumber: Facebook

https://archive.vn/bEQ9X

===============

Narasi:

β€œLiat orang lagi akting, mbah Owi mah santai aja….πŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ˜Šβ€

===============

Penjelasan:

Akun facebook Narko Sun mengunggah sebuah gambar, terlihat dalam gambar tersebut Jokowi duduk di sofa warna coklat, mengenakan kaos berkerah warna putih dan sarung variasi kotak warna coklat. Kedua kakinya menyilang di atas meja, dan tangan kanannya memangku kepala dengan tatapannya seolah tengah memperhatikan Anies Baswedan yang sedang membaca buku. Di bagian dinding pun terdapat dua cover majalah dari Time dan Gatra yang dijadikan sebagai hiasan dinding. Postingan yang diunggah pada 24 November 2020 ini telah mendapatkan sebanyak 31 komentar dan telah dibagikan sebanyak 12 kali oleh pengguna Facebook lain.

Berdasarkan hasil penelusuran, gambar tersebut adalah hasil suntingan/editan. Diketahui foto tersebut merupakan suntingan dari foto asli milik Anies, potret dirinya ketika sedang membaca buku yang di unggah ke akun Instagram miliknya pada 22 November 2020. Dalam foto aslinya hanya terdapat sosok Anies yang tengah membaca buku, adapun bagian dinding hanya terdapat hiasan kaligrafi. Sedangkan foto Jokowi juga telah beredar sejak lama di internet dan foto tersebut pernah dibagikan pada laman  milik tribunnews.com pada tahun 2015 dan kapanlagi.com pada tahun 2017.

Dengan demikian, klaim Jokowi tengah memperhatikan Anies yang sedang membaca buku adalah tidak benar karena tidak sesuai dengan fakta dan termasuk dalam kategori satire/parodi.

===============

Referensi:

https://www.tribunnews.com/regional/2015/01/02/foto-jokowi-sarungan-sambil-pegang-kepala-jadi-obrolan

https://www.instagram.com/p/CH4LUTggn14/?utm_source=ig_web_copy_link

https://twitter.com/TIME/status/522605277305380864/photo/1

https://www.instagram.com/p/CHzH0YbDaMK/

https://plus.kapanlagi.com/foto/55076jokowisarungan-20170120-002-rita.html