[SALAH] “Ini adalah Presiden Park Geun-hye, yang telah Anda khianati”

BUKAN mantan Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye. Foto itu merupakan sebuah adegan dalam film Mother yang dirilis pada 2009. Sosok pria yang berada di foto adalah aktor Korea Selatan, Won Bin.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Salah
============================================

Akun Hye Joo Choi (fb.com/hyejoochoi) membagikan postingan akun 장문기 (fb.com/mkijang) yang berisi narasi sebagai berikut:

“아래 사진을 보았느냐 ? 이놈들아
너희들이 배신한 박근혜 대통령이시다.” atau yang jika diterjemahkan: “Apakah Anda melihat gambar di bawah ini? Orang-orang ini
Ini adalah Presiden Park Geun-hye, yang telah Anda khianati.”

Selengkapnya di https://archive.md/bc3tz (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya foto mantan Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye yang terlihat sedang meringkuk di penjara adalah klaim yang salah.

Faktanya, bukan mantan Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye. Foto itu merupakan sebuah adegan dalam film Mother yang dirilis pada 2009. Sosok pria yang berada di foto adalah aktor Korea Selatan, Won Bin.

Dilansir dari Liputan6, hasil penelusuran mengarahkan ke sebuah artikel majalah film Korea Selatan di situs cine21.com.

Artikel itu sudah berada di ruang digital sejak 4 Juni 2009. Artikel itu berjudul: “<마더>의 홍경표 촬영감독에게 직접 듣는 포토 코멘터리”. Isi artikel itu merupakan petikan wawancara dengan sinematografer Korea Selatan, Hong Kyung-pyo, yang merupakan sutradara untuk film: ‘Mother’, yang dirilis tahun 2009.

Dalam artikel tersebut, juga ada foto yang diklaim sebagai eks Presiden Korea Selatan, Park Geung-hye meringkuk di penjara. Aslinya, pria yang meringkuk dalam foto itu adalah aktor Korea Selatan, Won Bin, yang memerankan tokoh Do-joon dalam film ‘Mother’.

Hasil penelusuran Google Image juga mengarahkan ke situs AFP Fact Check dengan artikel berjudul: “This photo actually shows a scene from a South Korean movie by Bong Joon-ho”. Artikel itu dipublikasikan pada 4 Desember 2020.

Dalam artikelnya, AFP Fact Check juga menyebut klaim yang menyebut eks Presiden Korea Selatan meringkuk di penjara adalah informasi yang salah. Sosok pria yang ada di foto itu adalah aktor Korea Selatan, Won Bin dalam film ‘Mother’ yang rilis pada 2009.

REFERENSI
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4427186/cek-fakta-ini-bukan-foto-eks-presiden-korea-selatan-meringkuk-di-penjara-simak-buktinya
https://factcheck.afp.com/photo-actually-shows-scene-south-korean-movie-bong-joon-ho
http://www.cine21.com/news/view/?mag_id=56475

About Adi 1395 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo