[SALAH] Foto Lars Bo Larsen di Papua

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (Institut Agama Islam Negeri Surakarta).

Klaim lokasi tersebut tidak benar. Faktanya, dua foto tersebut berlokasi di Jambi tepatnya di Hutan Harapan dan foto Lars Bo Larsen yang sedang bersama Jokowi berlokasi di Ruang Kredensial Istana Merdeka, Jakarta.


Selengkapnya pada penjelasan!

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Twitter

https://archive.vn/EaV3q

= = = = =

NARASI:

“Jamesbon itu bisa dilapangan & juga bisa bertemu langsung dengan presiden manapun yang ia mau.jikalau james bind indonesia suka Nha di hotel mewah,dikawal, di caffe elite di kantor kantor lembaga,apalagi jikalau masih magang lulus sekolah.jamesbond film dan jamesbind.code (papua)”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar di Twitter akun dengan nama Garuda Hitam memposting 3 foto dengan disertai narasi yang mengklaim foto tersebut di Papua. Postingan Twitter itu di unggah pada 03 Desember 2020.

Setelah ditelusuri, dua foto yang sama terdapat pada akun Twitter resmi Lars Bo Larsen. Dalam salah satu narasi akun tersebut ditemukan infomasi bahwa foto tersebut berlokasi di Jambi tepatnya di Hutan Harapan. Lars Bo Larsen menyatakan pada tanggal 28 April 2020 adalah minggu terakhir dia di Indonesia karena tugasnya akan segera berakhir. Foto lainnya adalah foto Lars Bo Larsen yang sedang bersama Jokowi diambil ketika penyerahan surat kepercayaan yang digelar di Ruang Kredensial Istana Merdeka, Jakarta.

Dengan demikian, klaim bahwa lokasi tersebut di Papua tidak benar. Foto tersebut berlokasi di Jambi tepatnya di Hutan Harapan dan foto Lars Bo Larsen yang sedang bersama Jokowi berlokasi di Ruang Kredensial Istana Merdeka, Jakarta, sehingga unggahan akun Twitter Garuda Hitam masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

= = = =

REFERENSI:

https://twitter.com/DubesDenmark/status/1255165384153460742/photo/1
https://twitter.com/DKinIndonesia/status/1319262771981086720/photo/1
https://www.laraspostonline.com/2020/10/melalui-protokol-kesehatan-presiden.html?m=1