[SALAH] “Baru sehari mentrinya jd TSK bantuan covid.19 yg ditilep. Hari ini kantor kemensos terbakar”

BUKAN hari ini. Kebakaran di gedung Kemensos di artikel berita Detikcom itu terjadi pada 21 September 2020 sebelum Mensos Juliari Batubara ditetapkan menjadi tersangka korupsi Bansos COVID-19 oleh KPK.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Salah
============================================

Akun Reynaldi Sukardi (fb.com/reynaldi.sukardi) membagikan tautan artikel berita dari situs Detikcom yang berjudul “Lantai 3 Gedung Kemensos Kebakaran, 10 Unit Damkar Dikerahkan” dengan narasi sebagai berikut:

“Antara percaya dan tidak percaya. Baru sehari mentrinya jd TSK bantuan covid.19 yg ditilep. Hari ini kantor kemensos terbakar. Apa ini taqdir atau hukum alam ?”

Sumber : https://archive.vn/z4hrZ (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa baru sehari Menteri Sosial Juliari Batubara jadi tersangka korupsi Bansos COVID-19, hari ini kantor Kemensos terbakar adalah klaim yang salah.

Faktanya, bukan hari ini. Kebakaran di gedung Kemensos di artikel berita Detikcom itu terjadi pada 21 September 2020 sebelum Mensos Juliari Batubara ditetapkan menjadi tersangka korupsi Bansos COVID-19 oleh KPK.

Artikel itu diterbitkan pada Senin, 21 Sep 2020 04:19 WIB, berisi informasi terkait kejadian kebakaran yang terjadi di lantai 3 Gedung Kemensos, Jalan Salemba Raya nomor 28, Kelurahan Kenari, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Senin (21/9) pukul 03.55 WIB.

Dalam artikel ini juga ditulis bahwa 10 unit damkar dikerahkan.

“Sementara 10 unit,” ujar petugas call center Damkar Jakpus, Fadli, ketika dihubungi detikcom, Senin (21/9/2020) pukul 04.12 WIB.

Dilansir dari Kompas.com dan situs resmi Kemensos, kemsos.go.id pada 21 September 2020, kebakaran yang disebut diakibatkan karena hubungan arus pendek atau korsleting tersebut berlangsung kurang dari satu jam. Sekjen Kemensos Hartono Laras mengatakan hanya satu perangkat sound system saja yang rusak.

Insiden kebakaran terjadi tadi pagi jam 03.50 WIB lantai dasar yang asapnya terlihat di lantai III, yakni bagian dari unit kementerian yang mengelola anggaran terbesar di seluruh K/L. Setelah dicek oleh Tim securiti Kemensos dan Dinsos Pemadam Kebakaran DKI Jakarta di bawah komando Pak Sunaryo menemukan titik api di lantai dasar ruang sound system.

Persis di ruang teknisi lantai dasar ada mixer sound system sumber apinya dan kemudian asapnya cukup tinggi. Tetapi titik api secara cepat dapat diketahui dan tidak menjalar ke ruang lainnya. Jam 04.20 WIB titik api sudah dapat dipadamkan dan kebakaran tidak merambat ke tempat lain.

Sementara itu, KPK menetapkan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi terkait bantuan sosial (bansos) untuk wilayah Jabodetabek 2020. Politisi PDIP itu menyerahkan diri ke KPK pada Minggu dini hari (6/12/2020).

“KPK menetapkan lima orang tersangka, sebagai penerima JPB (Juliari Peter Batubara), MJS (Matheus Joko Santoso), AW (Adi Wahyono) dan sebagai pemberi AIM (Ardian IM) dan HS (Harry Sidabuke),” kata Ketua KPK Firli Bahuri di Jakarta, Minggu dini hari (6/12/2020), seperti dilansir Antara.

REFERENSI
https://news.detik.com/berita/d-5181160/lantai-3-gedung-kemensos-kebakaran-10-unit-damkar-dikerahkan
https://nasional.kompas.com/read/2020/09/21/10015411/kebakaran-di-kemensos-disebut-akibat-korsleting
https://kemsos.go.id/kebakaran-di-gedung-kemensos-padam-kurang-dari-1-jam
https://tirto.id/kpk-tetapkan-mensos-juliari-batubara-tersangka-korupsi-bansos-covid-f7NC

About Adi Syafitrah 1359 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo