[SALAH] “Perayaan ulang tahun, Alfamart menawarkan Voucher Rp 800.000 untuk semua orang”

Alfamart telah membantah pesan atau narasi tersebut. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk sebagai pemilik jaringan toko Alfamart tidak mengadakan kuis ataupun kegiatan survei dengan imbalan hadiah berupa voucher belanja.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten Tiruan
============================================

Akun Liem Mei Fang Josepha (fb.com/liemmeifang.josepha) membagikan tautan situs kupon.alfagrup[dot[my[dot]id dengan narasi sebagai berikut:

“WOW!
* Perayaan ulang tahun Alfamart*
*Alfamart menawarkan Voucher Rp 800.000 untuk semua orang*
Menerima instruksi:
1. Masing-masing hanya dapat berpartisipasi satu kali
2. Kuantitas terbatas, pertama datang pertama kali
3. Acara ini tidak memerlukan biaya apapun
Dapatkan milikmu di sini GRATIS”

Sumber : https://archive.md/2f8On (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa Alfamart menawarkan voucher Rp 800.000 untuk semua orang dalam rangka perayaan ulang tahunnya adalah klaim yang salah.

Faktanya, Alfamart telah membantah pesan atau narasi tersebut. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk sebagai pemilik jaringan toko Alfamart tidak mengadakan kuis ataupun kegiatan survei dengan imbalan hadiah berupa voucher belanja.

Corporate Communication GM Alfamart Nur Rachman menegaskan, informasi Alfamart membagi voucher senilai Rp 800.000 yang beredar di media sosial hoaks.

“Kami mohon masyarakat waspada terhadap pihak-pihak yang mengatasnamakan Alfamart dengan memberi iming-iming hadiah ataupun voucher belanja, karena situs tersebut tidak benar dan bukan dari situs resmi kami,” kata Nur kepada Kompas.com, Sabtu (5/12/2020).

Menurutnya, Alfamart telah melaporkan melalui surat elektronik kepada Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI untuk memblokir situs-situs hoaks tersebut karena dapat menyesatkan masyarakat secara luas.

Nur mengatakan semua yang berkaitan dengan pemberian voucher atau promo oleh Alfamart hanya melalui situs resmi www.alfamartku.co.id, akun media sosial Facebook www.facebook.com/alfamartku, Instagram www.instagram.com/afamart, dan Twitter www.twitter.com/alfamart.

REFERENSI
https://www.instagram.com/p/CIXmw-bgEg2/
https://www.kompas.com/tren/read/2020/12/06/073000965/-hoaks-alfamart-bagi-bagi-voucher-rp-800.000-
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/akWLVrXK-ulang-tahun-alfamart-bagikan-voucher-senilai-rp800-ribu-untuk-semua-orang-ini-faktanya

About Adi Syafitrah 1332 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo