[SALAH] Iriana Jokowi dan Inul Daratista Dukung Paslon No. 1 di Pilkada Malaka 2020

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga).

Klaim yang salah. Faktanya, foto Ibu Iriana dan Inul Daratista tersebut diambil ketika keduanya ikut kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin di Banjarmasin dalam momen Pilpres 2019. Tidak ada kaitannya dengan dukungan kepada paslon no. 1 di Pilkada Malaka 2020.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

====

KATEGORI: FALSE CONTEXT

====

SUMBER: Facebook

https://archive.vn/ZVvHx

https://www.facebook.com/groups/1621981381390353/permalink/2826531297602016

====

NARASI:

“Ibu negara indonesia dan inul daratista

Mana suara malaka”

(Tulisan dalam gambar)

Berita Malaka

Pilih SNKT SAKTI

No. 1

====

PENJELASAN:

Akun Facebook bernama Erwi Klau membagikan postingan berupa gambar dalam grup pendukung bakal calon Bupati Kabupaten Malaka, Dr. Simon Nahak. Postingan yang mendapat 481 likes, 41 komentar, dan dibagikan 23 kali memperlihatkan Iriana Jokowi dan pedangdut Inul Daratista berpose 1 jari jempol. Selain itu, Inul diperlihatkan memakai topi berwarna putih bertuliskan SN-KT. Foto tersebut kemudian diklaim oleh akun Erwi bahwa keduanya mendukung paslon nomor urut 1, Simon Nahak-Louise Lucky Taolin (SN-KT), di Pilkada Malaka 2020.

Setelah dilakukan penelusuran menggunakan pencarian gambar Yandex, foto berdua Inul bersama Ibu negara tersebut telah beredar sejak Maret 2019. Saat itu keduanya tengah ikut berkampanye di Banjarmasin dalam momen Pilpres 2019. Ditengarai bahwa pedangdut Inul Daratista ikut memenangkan paslon nomor urut 1 atas pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019 silam.

Hal ini dibuktikan dengan postingan di akun Instagram resmi Inul Daratista pada 27 Maret 2019. Di mana ia mengabadikan momen bersama Ibu Iriana di tengah kampanye akbar paslon nomor 1 di Banjarmasin 2019. Inul menambahkan pula caption doa dalam postingannya:

“Sehat terus ibu jokowi ,sampai jumpa di lokasi selanjutnya,masyaa AllahDescription: ❤️Description: 😘

Kampanye akbar banjarmasin 01Description: 💋

@jokowi”

Gambar serupa juga ditemukan di kanal berita sumsel.tribunnews.com dalam artikelnya yang berjudul “Doa Inul Daratista Buat Presiden Jokowi Saat Kampanye Akbar di Banjarmasin, Ancam Haters Julid”, pertama kali tayang pada 27 Maret 2019 pukul 09:09.

Dilansir dari liputan6.com dan merdeka.com, kala itu Inul bersama para penyanyi lain tampil dalam konser bertajuk kampanye akbar atas paslon nomor 1 Jokowi-Ma’ruf Amin, pada tanggal 27 Maret 2019 di Banjarmasin.

Adapun topi Inul yang bertuliskan SN-KT merupakan hasil editan dari tulisan aslinya yakni,

“JOKOWI

AMIN

INDONESIA MAJU

01″

Dari berbagai data yang telah terkumpul dapat disimpulkan bahwa foto Iriana Jokowi dan Inul Dartista dengan pose 1 jari jempol adalah tanda dukungannya kepada paslon Jokowi-Ma’ruf Amin dalam momen Pilpres 2019 silam, bukan kepada paslon nomor urut 1, Simon Nahak-Louise Lucky Taolin (SN-KT), di pilkada Malaka 2020. Serta tulisan SN-KT pada topi Inul adalah hasil editan. Sehingga, klaim bahwa Ibu Iriana dan Inul mendukung SN-KT adalah Hoax dan termasuk kategori FALSE CONTEXT.

====

REFERENSI:

https://sumsel.tribunnews.com/2019/03/28/doa-inul-daratista-buat-presiden-jokowi-saat-kampanye-akbar-di-banjarmasin-ancam-haters-julid?page=4

https://www.instagram.com/p/BvgXPR4FTN9/?utm_source=ig_embed

https://www.liputan6.com/pilpres/read/3927313/jokowi-kampanye-akbar-di-banjarmasin-masyarakat-minta-selfie

https://www.merdeka.com/peristiwa/kampanye-akbar-di-banjarmasin-jokowi-langsung-ajak-massa-selfie.html

#CekFaktaPilkadaMafindo