[SALAH] Foto Sejumlah Tentara dari Negara Dakocan di Pangkalan Darwin

Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

Informasi yang salah, foto tersebut menyambut pasukan terjun payung Amerika Serikat di Teater Operasi Komando Pusat Amerika Serikat pada 1 Oktober 2020 lalu.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: Twitter

https://archive.vn/wip/qPlt8

= = = = =

NARASI:

“ini adalah di pangkalan darwin hari ini.seberapa dekat darwin ke west papua?sangat dekat dan tentu sudah dihitung segala kemungkinan nya.tentu saja itu bukan seragam dari indonesia tapi merupakan seragam dari negeri dakocan”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar postingan dari akun Twitter Garuda Hitam (@SilumanRi) berupa sebuah foto dengan keterangan bahwa foto tersebut berada di pangkalan Darwin dan tentara pada foto tersebut diklaim menggunakan seragam dari negeri Dakocan. Postingan ini diposting pada 3 Desember 2020 dan disukai sebanyak 643 kali dan 184 retweets.
Berdasarkan penelusuran menggunakan reverse image search mengarah pada postingan dari akun Twitter All American Division (@82ndABNDiv) dan akun Facebook 82nd Airborne Division yang diposting pada 3 Oktober 2020, terlampir beberapa foto dengan keterangan bahwa pasukan terjun payung Amerika Serikat di Teater Operasi Komando Pusat Amerika Serikat setelah menyelesaikan tugasnya bukan di pangkalan Darwin.

“Tidak ada perasaan yang lebih baik daripada melihat pasukan kita pulang. Dua hari lalu, kami bisa menyambut lebih banyak lagi @2BCTALCONS pulang ke Teater Operasi Komando Pusat dari penempatan mereka. Bantu kami memberikan selamat datang yang hangat untuk pasukan payung Falcon Brigade kami!
#AATW” tulis akun Twitter All American Division.

Melihat dari penjelasan tersebut, klaim sejumlah tentara dari negara Dakocan di pangkalan Darwin adalah tidak benar dan termasuk dalam Konten yang Salah/False Context.

= = = = =

REFERENSI:

https://twitter.com/82ndABNDiv/status/1312090249540050945
https://www.facebook.com/82ndAirborneDivision/posts/10164487479300387