[SALAH] Video “gelombang tsunami di Karachi, Pakistan pada 2 Desember 2020”

BUKAN video tsunami di Karachi, Pakistan 2 Desember 2020. Video itu merupakan kejadian tsunami di prefektur Miyagi di Jepang pada tahun 2011.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
============================================

Akun UClips (fb.com/UClips2020) mengunggah sebuah video pada 2 Desember 2020 dengan narasi sebagai berikut:

“Karachi | Pakistan
#Karachi #uclips #Pakistan #Pandemic #water”

Dalam video tsunami berdurasi 3 menit dan 26 detik tersebut, air laut terlihat menyeret puluhan mobil dan terdapat tulisan “Karachi Pakistan Today” dan ikon bendera Pakistan.

Sumber : https://archive.md/fVzVc (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya video gelombang tsunami di Karachi, Pakistan pada 2 Desember 2020 adalah klaim yang salah.

Faktanya, bukan video tsunami di Karachi, Pakistan 2 Desember 2020. Video itu merupakan kejadian tsunami di prefektur Miyagi di Jepang pada tahun 2011.

Video yang sama diunggah di kanal YouTube takuro suzuki pada tanggal 18 Desember 2011.

Dilansir dari AFP, diterjemahkan dari bahasa Jepang ke bahasa Indonesia, keterangan video itu berbunyi: “Tsunami kota Ishinomaki TSUNAMI JEPANG 3.11/2011”.

Keterangan video dalam bahasa Inggris diterjemahkan ke bahasa Indonesia sebagai: ”’Ishinomaki-shi Gelombang pasang besar’ gempa besar di timur Jepang Sebuah foto di Ishinomaki-shi, Miyagi. Saya sarankan Anda tersapu oleh gelombang pasang seperti itu, itu tidak bisa dilakukan. Saya mengambil gambar dari atap Ishinomaki gas. 2-3-48, Myojincho, Ishinomaki-shi, Miyagi”.

Gempa Bumi dan tsunami Tōhoku 2011 (東北地方太平洋沖地震 Tōhoku Chihō Taiheiyō-oki Jishin, secara harfiah “Gempa Bumi lepas pantai Samudra Pasifik wilayah Tōhoku”) adalah sebuah gempa Bumi dorongan kuat berkekuatan 9,0 yang mengakibatkan gelombang tsunami setinggi 10 meter (33 ft).

Gempa ini berkekuatan 7 berdasarkan skala intensitas seismik Badan Meteorologi Jepang di utara Prefektur Miyagi, Jepang. Laporan awal menyatakan kekuatan sebesar 7,9,sementara peringatan tsunami JMA menyebutkan 8,4, dan akhirnya 9,0.

Fokus gempa Bumi dilaporkan berada di lepas pantai Semenanjung Oshika, pantai timur Tōhoku pada 11 Maret 2011, pukul 05:46 UTC (14:46 waktu setempat) pada kedalaman 24,4 kilometer (15,2 mil). Laporan Japanese National Police Agency (JNPA) menyatakan bahwa 15.269 tewas dan 8.526 lainnya hilang di enam prefektur, meski dikhawatirkan jumlah korban tewas jauh lebih tinggi.

Kekuatan 9,0 menjadikan gempa ini sebagai gempa terbesar yang mengguncang Jepang sepanjang sejarah dan satu dari empat gempa terbesar di dunia sejak pencatatan gempa modern dimulai. Gempa ini dianggap sebagai yang terbesar yang mengguncang Jepang dalam 1.200 tahun terakhir.

REFERENSI
https://www.youtube.com/watch?v=aAIj2fws5O4
https://periksafakta.afp.com/video-ini-menunjukkan-tsunami-di-miyagi-jepang-pada-tahun-2011
https://id.wikipedia.org/wiki/Gempa_bumi_dan_tsunami_Tōhoku_2011

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo