[SALAH] “ABE DIN BANTAI DAP PULA!”

Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

Informasi yang salah, pembicara pada video tersebut adalah Mohd Syahbuddin Hashim selaku Wakil UMNO Negeri Kelantan dalam acara Perhimpunan Agung UMNO 2019.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: Facebook

https://archive.vn/rc7Zm
https://archive.vn/kLySR

= = = = =

NARASI:

“Heboh!! Rakyak Malaysia Juga Muak Dengan Komunis. Mari Kita Bersatu Melawan Komunis.”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar postingan dari akun Facebook SEMUA VIDEO yang disebarkan kembali oleh akun Facebook Rizky Maulidi pada 25 November 2020 berupa sebuah cuplikan video dengan keterangan bahwa rakyat Malaysia muak dengan Komunis dan terlihat narasi pada video tersebut adalah “ABE DIN BANTAI DAP PULA!”. Postingan ini diposting pada 28 Juni 2020 dan disukai sebanyak 27 ribu kali, disebarkan kembali 19 ribu kali, dan dikomentari sebanyak 1,7 ribu kali.

Berdasarkan penelurusan, video tersebut adalah cuplikan dari video dari channel Youtube UMNO Online yang berjudul “PENCADANG UMNO BAHAGIAN GUA MUSANG – SYAHBUDDIN” yang diunggah pada 6 Desember 2019 dalam Perhimpunan Agung UMNO 2019 yang merupakan acara tahunan partai UMNO (United Malays National Organisation), video dan dialog pada cuplikan tersebut sama persis dengan video dari UMNO Online tersebut.

Berdasarkan artikel umno-online.my yang meliput tentang acara tersebut menjelaskan bahwa Wakil UMNO Negeri Kelantan dari Bahagian Gua Musang, Mohd Syahbuddin Hashim menjelaskan bahwa rakyat semakin jelas tidak bergantung kepada kerjaan Pakatan Harapan yang didukung oleh partai DAP (Democratic Action Party) dalam menjaga kesucian agama Islam dan memartabatkan kedaulatan bangsa. Semua dialog tertuliskan pada artikel tersebut dan tidak ditemukan nama Abe Din baik dari partai UMNO maupun partai DAP.

Melihat dari penjelasan tersebut, cuplikan video Abe Din membuat pernyataan rakyat Malaysia muak dengan Komunis adalah tidak benar, melainkan pembicara pada video tersebut adalah Mohd Syahbuddin dari partai UMNO yang membahas tentang kekecewaan pada kerajaan Pakatan Harapan yang didukung oleh partai DAP sehingga termasuk dalam Konten yang Salah/False Context.

= = = = =

REFERENSI:

https://youtu.be/wSu_wvoz_Gk?t=604
https://umno-online.my/2019/12/06/kerajaan-ph-tak-mampu-jaga-kesucian-islam-mendaulatkan-bangsa-syahbuddin/
https://umno.org.my
https://dapmalaysia.org