[SALAH] Bupati Bahrain Kasuba Menetapkan Dukungannya Kepada Paslon No. 2 Pilkada Halmahera Selatan 2020

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga).

Klaim yang tidak benar. Faktanya, foto tersebut telah beredar sejak bulan Agustus 2020, sedangkan KPU Halmahera Selatan baru menetapkan secara resmi nomor urut paslon pada bulan September 2020. Adapun kondisi saat itu bukan dalam rangka kampanye, namun Bupati tengah melakukan koordinasi pembangunan Infrastruktur dengan Pemrov Maluku Utara.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

====

KATEGORI: FALSE CONTEXT

====

SUMBER: Facebook

http://archive.vn/WgBYP

https://www.facebook.com/groups/427891620900763/permalink/1345755839114332/

====

NARASI:

Alhamdulillah disaat saat penghujung.

Bupati sudah menetapkan pilihan untuk no

(Gambar Bupati Bahrain Kasuba memperlihatkan pose 2 jari)

====

PENJELASAN:

Akun Facebok bernama Brian Syaputra membagikan postingan berupa gambar dalam grup Pilkada Halmahera Selatan 2020. Postingan yang mendapat likes sebanyak 11 dan 5 komentar memperlihatkan foto Bupati Halmahera Selatan, Bahrain Kasuba, berpose dua jari. Foto tersebut kemudian diklaim oleh akun Brian bahwa Bupati Halsel telah menetapkan pilihannya pada paslon nomor 2 yakni Usman Sidik-Hassan Ali.

Setelah dilakukan penelusuran dengan pencarian gambar Google, didapati bahwa foto tersebut telah beredar sejak Agustus 2020. Gambar yang sama persis dimuat di kanal berita indotimur.com pada tanggal 07 Agustus 2020 disertai dengan keterangan gambar “Gubernur bersama Bupati Halsel saat menghadiri halal bihalal di Desa Bibinoi”. Gambar yang sama persis juga ditemukan di akun Twitter @KasubaBahrain yang diposting pada tanggal 24 Agustus 2020.

Penelusuran pun dilanjutkan untuk mengetahui konteks situasi yang terjadi di dalam foto. Dilansir dalam artikel berita Indotimur.com yang berjudul “Pemprov Malut Gelontorkan Anggaran Rp 35 Miliar Untuk Jalan Lingkar Bacan Timur Tengah dan Selatan”, saat itu Bupati Halsel bertemu dengan Gubernur Provinsi Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba, pada tanggal 06 Agustus 2020 bertepatan dengan momen halal bihalal di Desa Bibinoi. Keduanya membahas mengenai pembangunan infrastruktur jalan lingkar pulau Bacan bagian timur, diantaranya jalan keliling Wayaua, Bibinoi, Pigaraja dan Silang.

Informasi serupa juga didapatkan di akun Facebook Bahrain-Lutfi #merahputih yang menyebutkan bahwa Pemrov Maluku Utara dan Bupati Halsel berkoordinasi mengenai pembangunan Infrastruktur berupa jalan dan jembatan di pesisir Bacan Timur, Tengah dan Selatan.

Lebih lanjut, pose dua jari oleh Bupati Halmahera Selatan juga tidak menyiratkan dukungan pada nomor paslon 2. Karena sebagaimana dilansir dari website resmi KPU Halmahera Selatan, pengumuman resmi nomor paslon baru dikeluarkan pada tanggal 24 September 2020. Hal ini menjadi tidak relevan jika dikaitkan dengan foto pose dua jari oleh Bupati Bahrain yang telah beredar sejak Bulan Agustus 2020 silam.

Dari berbagai data yang telah dikumpulkan dapat disimpulkan bahwa, foto Bupati Bahrain Kasuba yang berpose 2 jari tidak ada keterkaitan dengan dukungannya kepada paslon nomor 2 di Pilkada Halmahera Selatan. Adapun situasi yang melatar belakangi saat itu bukanlah dalam rangka kampanye tetapi berkoordinasi dengan Gubernur Provinsi Maluku Utara untuk membahas pembangunan Infrastruktur. Selain itu, tidak mungkin Bupati Bahrain menyatakan dukungannya pada paslon nomor urut 2 karena KPU Halmahera Selatan baru menetapkan nomor urut paslon pada bulan September, sedangkan foto yang diklaim terjadi di bulan Agustus 2020. Sehingga klaim bahwa Bupati Bahrain mendukung paslon nomor urut 2 Pilkada Halsel 2020 adalah HOAX dan termasuk kategori FALSE CONTEXT.

====

REFERENSI:

https://indotimur.com/halsel/pemprov-malut-gelontorkan-anggaran-rp-35-miliar-untuk-jalan-lingkar-bacan-timur-tengah-dan-selatan

https://www.facebook.com/halmaheraselatanbahrainkasuba/posts/129012545578343

#CekFaktaPilkadaMafindo