[SALAH] Video Begal Payudara di Amuk Massa

Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

Video tersebut bukan tentang begal payudara, tetapi pencurian kalung yang terjadi di provinsi Binh Duong, Vietnam pada 2 September 2020.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Facebook

https://archive.vn/kJzPd

= = = = =

NARASI:

“Detik2 begal Payudara diamuk massa.”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar postingan dari akun Twitter NKRI__1 dengan video dan narasi dengan klaim bahwa video tersebut adalah kejadian begal payudara yang kemudian di amuk oleh massa. Postingan ini telah ditonton 274 ribu kali dan disukai oleh 4698 akun.

Setelah melakukan penelusuran terhadap video tersebut mengarah ke sebuah artikel berita baomoi.com, pada artikel tersebut menjelaskan tentang peristwa pencurian kalung seorang wanita yang sedang menggunakan sepeda listrik di provinsi Binh Duong, Vietnam. Kejadian ini terjadi pada 2 September 2020 di jalan Chieu Lieu, pelaku mengambil kalung korban dan sempat kesulitan karena korban memanggil orang sekitar, ketika merasa dikepung pelaku menggunakan sebuah jarum agar orang-orang menjauh dan melarikan diri tetapi akhirnya ditangkap oleh warga.

Menurut investigasi polisi daerah Tan Dong Hiep, pelaku tersebut bernama Vo Van Hieu dan pihak berwenang telah menyerahkan barang pencurian tersebut ke kepolisian kota Di An yang akan ditanganikan sesuai prosedur yang berlaku. Pada artikel tersebut dilampirkan foto pelaku dan barang pencurian berupa sebuah kalung.

Melihat dari penjelasan tersebut, kejadian begal payudara yang kemudian diamuk oleh massa adalah tidak benar dan termasuk dalam Konten yang menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://twitter.com/oceanflyer1/status/1302544363730268163
https://www.suara.com/news/2020/09/05/191405/viral-video-begal-payudara-pelaku-habis-dihajar-massa-saat-beraksi
https://yeah1.com/tin-tuc/binh-duong-doi-tuong-nguy-hiem-giat-day-chuyen-dung-kim-tiem-chong-tra-khi-bi-bao-vay-xb1nvZ61pZ.html
https://baomoi.com/cuop-day-chuyen-bi-ruot-danh-nhu-tu-du-rut-kim-tiem-chong-tra/c/36257121.epi