[SALAH] Video Pro-Khalistan oleh Petani yang Demo di India

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra (Universitas Diponegoro)

Informasi tersebut salah. Faktanya, video masyarakat yang pro-Khalistan tersebut merupakan video pendukung Tim Khalisan di World Cup 2019, bukan dari petani yang demo di India.

=====

KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH / FALSE CONTEXT

=====

Sumber: Postingan Twitter @Sudhir_mishr
http://archive.vn/PtiQz

=====

Narasi:
“See these real farmers – they are raising slogans of “Pakistan Zindabad”, why are they shouting slogans of “Khalistan Zindabad” … Did not understand this thing??”.

Terjemahan:
“Lihat petani-petani ini – mereka menyebarkan slogan “Pakistan Zindabad”, mengapa mereka meneriakkan slogan “Khalistan Zindabad”… Tidak mengerti tentang hal ini??”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @Sudhir_mishr (Sudhir… In the same way, there are many more.) menyebarluaskan informasi bahwa video tersebut menggambarkan demo oleh petani di India yang terjadi sejak September lalu, dengan petani-petani tersebut meneriakkan slogan “Khalistan Zinbadad”. Unggahan tersebut telah dibagikan ulang sebanyak 71 kali. Selain itu, terdapat 104 orang yang telah menyukai, diikuti dengan 9 orang memberikan komentar.

Berdasarkan hasil penelurusan lebih lanjut, video yang serupa dengan video yang diunggah @Sudhir_mishr tersebut pernah diunggah di akun YouTube ANI News Official, dengan narasi yang mengatakan bahwa video tersebut direkam saat ICC World Cup 2019, di mana slogan pro-Khalistan tersebut diserukan saat pertandingan Pakistan melawan Afganistan pada 29 Juni 2019. Klaim ini juga didukung oleh portal berita Outlook India yang berjudul “IND vs. NZ, ICC Cricket World Cup 2019: Pro-Khalistan Sikh Protestors Evicted from India’s Semi-Final Match”.

Informasi dengan topik serupa juga pernah dimuat di situs India Today dengan judul artikel “Fact Check: Old Video of Khalistan supporters linked to ongoing farmer’s protest” dan mengkategorikannya sebagai false.

Dengan demikian, pernyataan yang ditulis oleh @Sudhir_mishr tersebut dapat dikategorikan sebagai konteks yang salah, sebab akun tersebut telah memberikan narasi yang salah terhadap video pendukung tim Pakistan di World Cup 2019.

=====

REFERENSI:
https://www.youtube.com/watch?v=sEQAej1HhFg
https://www.outlookindia.com/website/story/sports-news-ind-vs-nz-icc-cricket-world-cup-2019-pro-khalistan-sikh-protestors-evicted-from-indias-semi-final-match/333896
https://www.indiatoday.in/fact-check/story/fact-check-old-video-of-khalistan-supporters-linked-to-ongoing-farmers-protest-1745126-2020-11-29