[SALAH] Video Penampakan Makhluk Asing di Kota Caldwell, Idaho

Hasil periksa fakta Rizqi Abdul Azis (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia).

Informasi yang salah. Video tersebut merupakan hasil karya dari akun bernama @shortestblockbusters yang diunggah pada tahun 2020 lalu.

= = = = =
[KATEGORI]: False Context/ Konten yang Salah.

= = = = =

[SUMBER]: TWITTER

https://archive.vn/IFTOR

= = = = =
[NARASI]:
“NEVER SEEN BEFORE. Caldwell City , Idaho.The Government will never show you this.. I will , what is this??”

Terjemahan:
“TIDAK PERNAH DITEMUKAN SEBELUMNYA. Kota Caldwell , Idaho. Pemerintah tidak akan menunjukan video ini kepada kalian, akan saya tunjukan. Apa ini?”

= = = = =
[PENJELASAN]:

Akun twitter bernama ‘PiamentaShimon’ (@PiamentaShimon) mengunggah cuitan berupa video dengan penampakan makhluk asing pada tanggal 28/10/2020. Narasi pada video tersebut menyatakan bahwa terdapat makhluk asing yang menurutnya tidak pernah ditampilkan oleh pemerintah setempat, seakan-akan menutupi.

Dari hasil penelusuran diketahui bahwa klaim dalam narasi tersebut salah. Video asli pertama kali diunggah di akun Instagram @shortestblockbusters pada 16/08/2020 yang mana akun tersebut merupakan konten kreator yang aktif mengunggah video animasi ke Instagram, YouTube, dan TikTok. Dalam bio akun TikToknya juga dijelaskan bahwa dia membuat film dan video pendek blockbuster yang bersifat imersif.

Imersif merupakan sebuah teknologi yang menggabungkan dunia nyata dan dunia digital. Salah satu contoh pengembangan teknologi imersif adalah Virtual Reality dan Augmented Reality. Salah satu tujuan dari penggunaan teknologi tersebut adalah penggunanya bisa merasakan suasana yang mirip dengan dunia nyata. Dalam kanal media sosial @shortestblockbusters sering diunggah video-video serupa dengan AR maupun VR.

Selain itu tidak ditemukan laporan dari media mengenai penampakan makhluk asing di kota Caldwell, Idaho. Sehingga, klaim bahwa pemerintah setempat seakan-akan menutupi keberadaan makhluk asing seperti yang disebutkan dalam narasi video tersebut adalah salah, karena sebenarnya video tersebut merupakan salah satu pemanfaatan teknologi imersif yang menyebabkan makhluk dalam video tersebut terlihat nyata.

= = = = =

[REFERENSI]:
https://www.instagram.com/p/CDhjv6chkuD/
https://twitter.com/hoaxeye/status/1333010648872194050?s=19
https://www.youtube.com/watch?v=vhOPQw-AnMA
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_imersif#Penerapan
https://vt.tiktok.com/ZSgwafep/