[SALAH] Joe Biden Mengangkat Orang India sebagai Penasehat Politik

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra (Universitas Diponegoro)

Informasi yang salah. Faktanya, Ahmed Khan merupakan anggota Draft Biden 2016, bukan merupakan anggota badan penasehat Joe Biden.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah / False Context
= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.fo/Ae1P4

= = = = =

NARASI:

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“#Bignews Presiden baru Amerika, Joe Biden, telah menunjuk Ahmed Khan yang berasal dari India sebagai penasehat politik. Patut diketahui bahwa Ahmeh Khan adalah orang India dan berasal dari Hyderabad. Ini adalah politik tanpa diskriminasi”

= = = = =

PENJELASAN:

Pengguna Facebook Ashraf Ali mengunggah serangkaian foto (11/11) yang menunjukkan Joe Biden bersama dengan seorang pria India bernama Ahmed Khan. Dalam unggahan tersebut, juga disertakan keterangan yang menyatakan bahwa Ahmed Khan telah ditunjuk oleh Biden sebagai penasehat politik.

Berdasarkan hasil penelusuran, Ahmed Khan bukan merupakan penasehat politik Biden, melainkan merupakan anggota tim ‘Draft Biden 2016’ atau dikenal juga dengan nama ‘Ridin’with Biden’, yaitu sebuah tim yang berusaha mendorong Biden untuk maju dalam pemilihan presiden tahun 2016 yang lalu. Melansir dari situs resmi ‘Biden-Harris Transition’, penasehat politik yang telah ditunjuk oleh Biden adalah Steve Ricchetti dan Cedric Richmond.

Dengan demikian, informasi yang diunggah oleh pengguna Facebook Ashraf Ali tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang salah / False Context.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.indiatoday.in/fact-check/story/joe-biden-has-not-appointed-indian-origin-man-political-advisor-1740819-2020-11-13
https://www.nytimes.com/2015/06/20/us/politics/ridin-with-biden-in-2016-but-so-far-the-vice-presidents-not-aboard.html
https://www.facebook.com/AhmedKhan.us/
https://buildbackbetter.gov/the-administration/white-house-senior-staff/