[SALAH] Akun Twitter Jenius Menyediakan Pelayanan Melalui Whatsapp

Hasil periksa fakta Rahmah An Nisaa (Uin Sunan Ampel Surabaya).

Akun tersebut palsu. Pihak Jenius melalui akun Twitter resminya menyatakan bahwa Jenius hanya memiliki akun Twitter resmi yang bercentang biru dan tidak memiliki layanan Whatsapp.

Selengkapnya ada di penjelasan!

===

[KATEGORI]:

Konten Tiruan / Imposter Content

===

[SUMBER]:

TWITTER

https://archive.md/5MwOb
https://twitter.com/Jenius_CS

===

[NARASI]:

“@Jenius_CS”

===

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah akun Twitter mengatasnamakan Jenius bernama “@Jenius_CS”. Terlihat akun tersebut baru bergabung pada November 2020 lalu. Akun tersebut mengarahkan warganet ke sebuah nomor Whatsapp, dan akun ini menonaktifkan kolom komentar.

Menanggapi hal tersebut, pihak Jenius memberikan klarifikasi melalui akun resmi Twitter Jenius yang bercentang biru @JeniusConnect dan @jeniushelp. Pihak Jenius menyatakan bahwa tidak menyediakan pelayanan melalui Whatsapp.
Berikut klarifikasi lengkap oleh @JeniusConnect:

“Waspada terhadap akun palsu yang mengatasnamakan Jenius di media sosial.
Meski terlihat mirip, pastikan kamu teliti melihat nama profil dan username akun yang menghubungimu ya. Saat ini Jenius tidak memiliki layanan Whatsapp ya.” tulis Jenius dalam akun resmi Twitternya pada 12 November 2020.

Dijelaskan pula bahwa Jenius hanya memiliki akun Twitter resmi yang sudah terverifikasi , yakni @JeniusConnect dan @jeniushelp yang sudah bercentang biru. Pihak Jenius turut mengimbau warganet untuk lebih waspada terhadap akun-akun yang mengatasnamakan pihaknya. Dan juga warganet diminta teliti dalam melihat nama profil dan username akun.

Jadi dapat disimpulkan bahwa akun Twitter @Jenius_CS yang menyediakan layanan Whatsapp adalah hoaks, dan termasuk kategori konten tiruan atau imposter content.

===

[REFERENSI]:
https://twitter.com/JeniusConnect/status/1326717283675205633
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/zNA37Rnk-beredar-akun-twitter-atas-nama-jenius-ini-faktanya