[SALAH] Akun Facebook Wakil Wali Kota Pekanbaru “Ayat Cahyadi”

Hasil periksa fakta Rahmah An Nisaa (Uin Sunan Ampel Surabaya).

Akun Facebook tersebut palsu. Faktanya, Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi, mengonfirmasi melalui situs berita bahwa akun tersebut bukan milik dirinya, dan mengimbau masyarakat agar mewaspadai akun tersebut.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

= = = = =

[KATEGORI]: Konten Palsu

= = = = =

[SUMBER]:FACEBOOK

https://archive.vn/oovP6
https://www.facebook.com/people/Ayat-Cahyadi/100057544592116?__tn__=-UC*F

= = = = =

[NARASI]:
Akun Facebook Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi

= = = = =

[PENJELASAN]:

Muncul sebuah akun Facebook dengan nama “Ayat Cahyadi” menggunakan foto Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi yang menggunakan pakaian Dinas Upacara (PDU) warna putih yang lengkap dengan tanda pangkat.

Menanggapi hal tersebut, Ayat Cahyadi melalui situs berita riauaktual.com menegaskan bahwa akun Facebook dengan nama “Ayat Cahyadi” bukan miliknya.

“Kami mengimbau pengguna akun FB waspadai akun tersebut,” pinta Ayat Cahyadi pada hari Minggu (8/11/2020) kemarin.

Ayat Cahyadi sendiri menegaskan, telah memiliki akun Facebook sendiri dengan nama “Ayat Cahyadi Full (https://www.facebook.com/ayat.cahyadifull).

“Jadi bukan saya pemilik akun FB itu (@Ayat Cahyadi), karena saya cuma punya satu akun FB (Ayat Cahyadi Full),” imbuhnya melaui riauaktual.com.

Ayat mengimbau masyarakat mewaspadai akun tersebut, meskipun belum ada pengguna akun Facebook yang dirugikan, akan tetapi pemilik akun palsu telah meminta pertemanan ke sejumlah orang.

Dengan demikian akun Facebook yang mengatasnamakan Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi adalah tidak benar sehingga hal ini masuk dalam kategori konten palsu.

= = = = =

[REFERENSI]:
https://riauaktual.com/news/detail/63511/wakil-walikota-pekanbaru-ingatkan-masyarakat-waspada-akun-fb-palsu-catut-namanya.html
https://www.cakaplah.com/berita/baca/61023/2020/11/08/waspada-ada-akun-facebook-mengatasnamakan-wakil-walikota-pekanbaru
https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1353511658314699