[SALAH] Video “Reaksi Shahrukh Khan Nonton Lesti Hati Yang Kau Sakiti (상처 받은 마음) Versi Korea”

Video editan / suntingan yang menggabungkan dua video yang berbeda. Video yang memperlihatkan Shah Rukh Khan diambil dari tayangan BBC Asian Network pada 21 Juni 2012. Adapun video yang memperlihatkan Lesty Kejora yang sedang menyanyikan lagu “Hati Yang Kau Sakiti/상처 받은 마음” berasal dari tayangan kanal Youtube LESTI CHANNEL pada 31 Oktober 2020.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
============================================

Kanal Youtube Saiful Bahri Design (https://bit.ly/38LYnkK) mengunggah sebuah video dengan judul “REAKSI SHAHRUKH KHAN NONTON LESTI HATI YANG KAU SAKITI (상처 받은 마음) VERSI KOREA || SANGAT MENGHIBUR” pada 7 November 2020.

“#(상처 받은 마음 #shahrukhkhan #lesti #korea #cowokkorea #lestimengaji #reaksi #reaction #leslar #lestidanrizkybillar #koreamuslim Suara lesti memang berkarakter, penghayatannya kuat jadi meskipun orang india yaitu shahrukh khan bisa juga merasakan apa yang lesti sampaikan” tulis kanal tersebut di kolom keterangannya.

Sumber : https://archive.vn/XQKg9 (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya video reaksi Shahrukh Khan terhadap Lesti yang menyanyikan lagu Hati Yang Kau Sakiti/상처 받은 마음 adalah klaim yang salah.

Faktanya, video itu adalah video editan atau suntingan yang menggabungkan dua video yang berbeda. Video yang memperlihatkan Shah Rukh Khan diambil dari tayangan BBC Asian Network pada 21 Juni 2012. Adapun video yang memperlihatkan Lesty Kejora yang sedang menyanyikan lagu “Hati Yang Kau Sakiti/상처 받은 마음” berasal dari tayangan kanal Youtube LESTI CHANNEL pada 31 Oktober 2020.

Hasil penelusuran terhadap gambar potongan video yang diunggah oleh sumber klaim tersebut, ditemukan bahwa video Shah Rukh Khan tersebut adalah pada saat Shah Rukh Khan menjadi bintang tamu BBC Asian Network. Saat itu, Shah Rukh Khan menjadi DJ radio BBC Asian Network. Video itu diunggah di kanal Youtube BBC Asian Network dengan judul “Shah Rukh Khan sings live”.

Sementara video yang memperlihatkan Lesty Kejora, itu adalah video yang diunggah oleh kanal Youtube LESTI CHANNEL dengan judul “Rossa – Hati Yang Kau Sakiti/상처 받은 마음 (COVER LESTI)”

REFERENSI
https://www.kompas.tv/article/123717/pujian-shah-rukh-khan-kepada-lesty-kejora-yang-viral-ternyata-hoax
https://www.youtube.com/watch?v=TCIkTDPYUrU
https://www.youtube.com/watch?v=44hEZ_SINpQ

About Adi 1384 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo