[SALAH] Xbox Series X Berasap

Hasil periksa fakta Rahmah An Nisaa (Uin Sunan Ampel Surabaya).

Informasi tersebut tidak berdasar. Faktanya, akun Twitter resmi Xbox mengonfirmasi bahwa asap yang keluar berasal dari asap vape yang ditiupkan.
Selengkapnya ada di penjelasan!

= = =

[KATEGORI]: Konten Yang Menyesatkan

= = =

[SUMBER]: TWITTER

https://archive.vn/n7t5d

= = =

[NARASI]:
(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)
“Xbox ini berasap”

= = =

[PENJELASAN]:

Pengguna Twitter NICKBLanco_ mengunggah sebuah video (11/11) yang menunjukkan Xbox Series X mengeluarkan asap saat digunakan. Dalam keterangan yang terdapat pada unggahan tersebut, terdapat narasi bahwa “This Xbox nigga is smoking”. Unggahan tersebut telah di tonton sebanyak 904.8000 kali, dengan 15.100 suka, 5.200 retweet, dan 608 komentar.

Berdasarkan hasil penelusuran, pihak Xbox mengofirmasi melalui akun Twitter resminya dimohon untuk gamer tidak meniupkan asap vape ke dalam mesin Xbox Series X. Salah satu user Twitter memperlihatkan bagaimana mudahnya menciptakan ulang efek ini dengan menggunakan Vape, bahkan dengan status konsol yang tidak hidup sekalipun. Anda hanya tinggal meniupkan sang uap ke arah lubang dimana mesin ini mengambil udara, dikutip dari jagatpaly.com

Dilansir dari gizmochina.com, alasan yang menyebabkan asap vape tersebut keluar dari ventilasi karena desain konsol itu sendiri. Kipas dirancang untuk menghisap panas dari konsol dan mengeluarkannya melalui ventilasi. Karena Xbox Series X tidak menempel di permukan, berkat kaki di bagian bawah, kipas tersebut bisa menyedot asap vape sehingga, seolah-olah konsol seperti terbakar.

Dengan demikian, video yang diunggah oleh pengguna Twitter NICKBLanco_ tersebut dapat dikategorikan sebagai konten yang menyesatkan.

= = =

[REFERENSI]:
https://twitter.com/Xbox/status/1326662743827468288
https://www.gizmochina.com/2020/11/12/smoking-xbox-series-x-microsoft-says-not-to-blow-vape-smoke-into-your-console/
https://jagatplay.com/2020/11/news/masalah-teknis-xbox-series-x-berasap-adalah-hoax/