[SALAH] Tidak Ada Media Lokal yang Meliput Berita Kepulangan Habib Rizeq

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Informasi yang salah. Faktanya, beberapa media Indonesia meliput berita kepulangan Habib Rizieq pada 10 November 2020 lalu. Beberapa media tersebut antara lain adalah TV One, detikNews, Kompas, SCTV, serta CNN Indonesia.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/lAUL2

= = = = =

NARASI:

“Di indonesia beritanya tak ada tapi alhamdulillah di luar negri sangat bergema”

= = = = =

PENJELASAN:

Pengguna Facebook Rahmawati Esy Lukman dalam forum Laskar Gatot Nurmantyo Sahabat Petani Indonesia mengunggah sebuah video cuplikan berita (12/11) kepulangan Habib Rizieq Shihab yang diliput oleh media internasional WION. Unggahan tersebut juga disertai dengan keterangan yang menyatakan bahwa tidak ada media lokal yang meliput berita kepulangan Rizieq pada 10 November 2020 lalu.

Berdasarkan hasil penelusuran, beberapa media Indonesia meliput berita kepulangan Rizieq pada 10 November 2020 lalu. Media TV One telah meliput berita kepulangan Rizieq sejak tanggal 9 November 2020. Begitu pula dengan media detikNews, Kompas, dan SCTV yang meliput langsung suasana kepulangan Rizieq dari Bandara Soekarno-Hatta. Media CNN Indonesia juga meliput suasana ketika Rizieq tiba di kediamannya di Petamburan, Jakarta Pusat.

Dengan demikian, informasi yang diunggah oleh Facebook Rahmawati Esy Lukman dalam forum Laskar Gatot Nurmantyo Sahabat Petani Indonesia dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.youtube.com/watch?v=PQOJF_dyf6s
https://www.youtube.com/watch?v=USQQOqpsJ6A
https://www.youtube.com/watch?v=-sBLFfb_aFo
https://www.youtube.com/watch?v=U2gWFVF2GyY
https://news.detik.com/berita/d-5248568/petinggi-fpi-ke-pintu-kedatangan-sambut-habib-rizieq-massa-bentuk-barikade