[SALAH] “Jl. Menuju Bulak Kapal Akan Di Tutup Karna Akan Ada Pembangunan underpass Bulak Kapal”

Pemkot Bekasi memastikan tidak ada penutupan ruas jalan. Saat ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memang sedang dalam tahap awal pengerjaan underpass Bulak Kapal dengan konstruksi frontage. Namun, tidak sampai melakukan penutupan jalan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
============================================

Akun Jhon (fb.com/rivay.labujug) mengunggah sebuah foto dengan narasi sebagai berikut:

“Mohon ijin menginformasikan Bapak Ibu.. Jl. Menuju Bulak Kapal Akan Di Tutup Karna Akan Ada Pembangunan underpass Bulak Kapal selama kurang lebih *535 hari..* Silahkan bisa mencari jalan Alternatif, Baik yang akan menuju ke Arah Jakarta dan Tambun yg Melalui Jalan Tersebut.. serta yang menuju ke Arah Perumnas 3..”

Sumber : https://archive.md/8meH2 (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa jalan menuju Bulak Kapal, Bekasi Timur akan ditutup selama 535 hari karena pembangunan underpass adalah klaim yang salah.

Faktanya, Pemkot Bekasi memastikan tidak ada penutupan ruas jalan. Saat ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memang sedang dalam tahap awal pengerjaan underpass Bulak Kapal dengan konstruksi frontage. Namun, tidak sampai melakukan penutupan jalan.

Dilansir dari Liputan6, Kabag Humas Pemkot Bekasi, Yekti Rubiah menegaskan tidak ada rencana penutupan jalan secara total selama 535 hari. Hal ini berdasarkan informasi yang diterima dari pihak Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi.

“Yang benar, pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang mengerjakan tahapan pengerjaan Underpass Bulak Kapal,” kata Yekti dalam keterangannya, Rabu (11/11/2020).

“Jadi secara prinsip pekerjaan terus berjalan dan tidak melakukan penutupan jalan dan dimungkinkan hanya melakukan pengalihan sirkulasi lalu lintas,” kata Yekti dikutip dari Kompas.com, Rabu (11/11/2020).

Pengerjaan underpass itu memang sedang dilakukan. Proses pengerjaan akan melewati beberapa tahap, dimulai dari kontruksi frontage dan akan berlanjut ke pengerjaan kontruksi underpass. Yekti memastikan, selama proses tersebut tidak ada ruas jalan yang ditutup.

Dengan begitu, jalan di sekitar Bulak Kapal masih dapat dilintasi. “Kecuali, di Jalan Joyomartono, memang sedang ada perbaikan jalan,” tuturnya seperti yang dilaporkan oleh Beritasatu.com.

Satu ruas (terdiri dua lajur) di Jalan Joyomartono masih dapat dilalui kendaraan dari arah simpang lampu merah Bulak Kapal menuju ke Gerbang Tol Bekasi Timur.

REFERENSI
https://www.liputan6.com/news/read/4406014/viral-jalan-bulak-kapal-ditutup-selama-535-hari-ini-kata-pemkot-bekasi
https://www.kompas.com/tren/read/2020/11/12/112819365/klarifikasi-informasi-penutupan-jalan-menuju-perempatan-bulak-kapal-bekasi?page=2
https://www.beritasatu.com/jaja-suteja/megapolitan/697713/tidak-benar-penutupan-jalan-bulak-kapal-535-hari

About Adi Syafitrah 1336 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo