[SALAH] Paket dari China Berisikan Narkoba

Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

Klaim tersebut tidak benar, diketahui kejadian itu terjadi pada tahun 2018 dan paket tersebut ternyata berisikan jam tangan yang berasal dari China dan sudah dikembalikan oleh pihak ekspedisi.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/1GLnu

= = = = =

NARASI:

“Dapet info dri Jogya, bahwa mulai ada paket2 yg dikirim ke rumah2, ke toko2 & ke kantor, akan terus berdatangan COD tsb, katanya dr China. Padahal sipenerima tdk pernah order barang.
Hati2 penipuan.
Sindikat narkoba!
nanti kalau kita tolak, bilang kita gk order ini barang, sipengantar akan meminta kita difoto bersama orderan barangnya, katanya utk konfirmasi ke China.
Jangan mau difoto.
Biar ngotot maksa pun jangan mau difoto.
Ini pemerasan jaringan narkoba!
Tolong info semua saudara/i & teman2!”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar postingan dari akun Facebook Aman Libera berisikan foto sebuah paket dengan klaim bahwa paket COD dari China berisikan narkoba. Postingan ini disukai sekitar 10 kali dan dikomentari sebanyak 25 kali.

Berdasarkan artikel berita dari detik.com, polisi telah mengungkapkan bahwa isi paket dari China di Yogyakarta ternyata berisikan jam tangan. Dedi Prasetyo sebagai Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen menjelaskan bahwa ada seorang petugas ekspedisi datang ke sebuah toko untuk mengirim paket sedangkan sang pemilik toko merasa tidak memesan paket tersebut.

Petugas ekspedisi kemudian menjelaskan untuk mengirimkan foto KTP agar paket tersebut dapat dikembalikan tetapi pemilik toko menolak dan sempat mengirimkan foto paket tersebut ke grup pengajian dan mengaku tidak menyebarkannya ke media sosial. Hoax ini beredar sejak tahun 2018 lalu.

Melihat dari penjelasan tersebut, paket COD dari China berisikan narkoba adalah tidak benar dan termasuk dalam Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://turnbackhoax.id/2018/09/17/benar-divisi-humas-polri-klarifikasi-terkait-pesan-berantai-paket-gelap-cod-dari-china/
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/yNL4yrWN-cek-fakta-waspada-kiriman-paket-berisi-narkoba-dari-china-ini-faktanya
https://www.merdeka.com/peristiwa/polda-diy-buru-penyebar-hoaks-paket-dari-china-berisi-narkoba.html
https://news.detik.com/berita/d-4218524/terungkap-ini-isi-paket-dari-china-yang-viral-dikira-narkoba
https://www.viva.co.id/digital/digilife/1076004-viral-paket-cod-dari-china-begini-yang-sebenarnya-terjadi
https://news.detik.com/berita/d-4220920/cerita-penerima-paket-dari-china-yang-viral-sempat-dikira-narkoba