[SALAH] “ide menarik banget dari Kwik Kian Gie, Ayo, mulai 05 November s.d 05 Desember 2020 jangan belanja di mall”

Hoaks Lama Beredar Kembali. Bukan dari Kwik Kian Gie. Pada Januari 2020, Kwik Kian Gie sudah pernah membantah hal itu dan menyatakan bahwa klaim ajakan dari dirinya itu adalah hoaks yang sudah lama beredar.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten Palsu
============================================

Akun Uttang-Sulayman Abdullah Karaeng Mattundruang (fb.com/uttangsulayman.abdkaraengmattu) mengunggah foto Kwik Kian Gie dengan narasi sebagai berikut:

“Ada ide menarik banget dari Kwik Kian Gie
Ayo, mulai 05 November s.d 05 Desember 2020,
Kita Jangan belanja di
– Mall
– Indomart
– Alfamart
– Hero
– Tdk makan mie instan
– Tdk makan di GM
– Tdk merokok
– Tdk menjadi nasabah BCA, Danamon, Mayapada

Selama SATU BULAN saja, anggap kita latihan puasa.
Maka Akan mempercepat 9 Naga Pingsan dan Tamat
Kita umat muslim di Indonesia mencapai lebih dr 200 juta, mohon bs di viralkan.
CINA KELABAKAN

Selengkapnya di https://archive.md/iumlb (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya ide menarik dari Kwik Kian Gie yang mengajak masyarakat agar tidak belanja di mall dan beberapa tempat yang lain adalah klaim yang salah.

Faktanya, klaim itu adalah Hoaks Lama Beredar Kembali. Bukan dari Kwik Kian Gie. Pada Januari 2020, Kwik Kian Gie sudah pernah membantah hal itu dan menyatakan bahwa klaim ajakan dari dirinya itu adalah hoaks yang sudah lama beredar.

Dilansir dari artikel berjudul “[SALAH] “Ini ada ajakan yg menarik : Ada ide menarik banget dari Kwik Kian Gie” yang dimuat di situs turnbackhoax.id pada 14 Mei 2020, sebelumnya, klaim yang sama pernah beredar pada bulan Januari 2020, saat itu ajakan untuk tidak berbelanja, tidak makan, tidak merokok dan tidak menjadi nasabah di beberapa bank itu mulai tanggal 5 januari sampai dengan 5 Februari 2020.

Dikutip dari Jawa Pos, klaim ini beredar di grup whatsapp, salah satunya grup whatsapp para guru dan dosen di Surabaya. Namun ketika dimintai komfirmasi, pengirim pesan mengaku mendapat tulisan dari grup lain. Dia juga tak punya maksud apa-apa dan asal forward pesan itu.

Di sisi lain, Kwik Kian Gie membantah hal itu.
“Tidak. Ini hoax yang sudah lama beredar, sehingga saya membuat account sendiri untuk membantah semuanya,” jelas Kwik saat dimintai komfirmasi lewat nomor pribadinya.

Sebelumnya pada Maret 2019, Kwik Kian Gie sendiri pernah mempersoalkan akun Twitter yang mengatasnamakan dirinya.

Mantan Menteri Koordinator bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri (Ekuin) Kwik Kian Gie merasa perlu meluruskan pemberitaan yang menjadikan dirinya sebagai narasumber berdasar kicauan di akun Twitter @KwikKianGie. Sebab, akun itu bukan dikelola oleh dirinya.

“Bersama ini saya menyatakan bahwa berita tersebut adalah tidak benar alias Hoax. Akun twitter @KwikKianGie bukan akun twitter milik saya,” kata Kwik meluruskan melalui pesan tertulis yang diterima redaksi Rmol.id.

REFERENSI
https://turnbackhoax.id/2020/05/14/salah-ini-ada-ajakan-yg-menarik-ada-ide-menarik-banget-dari-kwik-kian-gie/
https://www.pressreader.com/indonesia/jawa-pos/20200107/281612422331491
https://politik.rmol.id/read/2019/03/15/382169/diluruskan-akun-twitter-kwikkiangie-hoax

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo