[SALAH] Foto Trump dengan Judul “You’re Fired” sebagai Sampul New York Post

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Informasi yang salah. Faktanya, New York Post tidak pernah merilis sampul menggunakan foto Trump dengan judul “You’re Fired”. Foto Trump yang digunakan merupakan foto ketika Trump baru saja kembali dari kampanye di Tulsa, Oklahoma, pada 21 Juni 2020 waktu setempat.

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu/Fabricated Content

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.vn/PtZ8G

= = = = =

NARASI:

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“Rupert Murdoch membuktikan sekali lagi: tidak ada teman abadi dalam politik, hanya kepentingan.”

NARASI DALAM GAMBAR:

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“Sesama warga Amerika Serikat, mimpi buruk nasional kita telah berakhir. Anda dipecat”

= = = = =

PENJELASAN:

Pengguna Twitter MelusiMaposa mengunggah sebuah foto sampul New York Post (8/11) yang menunjukkan foto Donald Trump tengah berjalan di malam hari dengan membawa topi merah khas ‘Make America Great Again’ dan dasi yang tidak terikat. Dalam foto sampul tersebut, terdapat pula judul yang menyatakan bahwa mimpi buruk nasional bagi warga Amerika Serikat telah berakhir, sebab Trump telah dipecat.

Berdasarkan hasil penelusuran, New York Post tidak pernah merilis sampul menggunakan foto Trump dengan judul “You’re Fired”. Foto Trump yang digunakan merupakan foto ketika Trump baru saja kembali dari kampanye di Tulsa, Oklahoma, pada 21 Juni 2020 waktu setempat. Judul sampul yang menyatakan bahwa mimpi buruk nasional warga Amerika Serikat telah berakhir merupakan potongan dari pidato Gerald Ford ketika dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat pada tahun 1974 yang lalu. Sedangkan judul “You’re Fired” merupakan kalimat yang sering diucapkan oleh Trump saat mengeliminasi peserta acara ‘The Apprentice’.

Informasi dengan topik serupa juga pernah dimuat dalam situs Politifact dengan judul “No, the New York Post didn’t Run a ‘You’re Fired’ Cover” dan mengategorikannya sebagai false.

Dengan demikian, foto yang diunggah oleh pengguna Twitter MelusiMaposa tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Palsu/Fabricated Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.politifact.com/factchecks/2020/nov/09/viral-image/no-new-york-post-didnt-run-youre-fired-cover/
https://edition.cnn.com/2020/06/23/politics/trump-tulsa-rally-2020/index.html
https://twitter.com/thehill/status/1274585675845828611
https://www.fordlibrarymuseum.gov/library/speeches/740001.asp