[SALAH] Setelah Boikot Produk Prancis, Erdogan Tolak Bersalaman dengan Macron di Suatu Forum

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga)

Faktanya foto tersebut diambil pada tahun 2018 oleh seorang fotografer dari agensi berita AFP pada saat perhelatan sidang tahunan PBB di kota New York dan tidak ada kaitannya dengan peristiwa yang terjadi di Perancis baru-baru ini. Di momen dan tempat yang sama, koleksi foto lain menunjukkan keduanya saling bersalaman.

Selengkapnya di PENJELASAN dan REFERENSI.

====

KATEGORI: False Context

====

SUMBER: Facebook

http://archive.today/4v0Fe

====

NARASI:

Ini Baru Pemimpin Islam Yang Tegas Membela Kehormatan Nabinya…❗❗

Kemarin Menyerukan Masyarakat Turki Agar Memboikot Produk -Produk Buatan Prancis..

Sekarang.. Mr Erdogan Menolak Bersalaman Dengan Mercon disuatu Forum….

Benar-Benar Mr Erdogan Ini Pemimpin Yang Punya Ghiroh Tinggi Membela Agama dan Nabinya πŸ‘πŸ‘

====

PENJELASAN:

Akun Facebook bernama Fadillah Miftha memposting tulisan disertai dengan gambar di grup Facebook bernama JS Grup. Postingan yang pertama kali tersebar pada 05 November 2020 pukul 21.31, mendapatkan likes sebanyak 352, 44 komentar dan dibagikan 41 kali.

Dalam narasinya mengatakan bahwa Presiden Erdogan menolak bersalaman dengan Presiden Macron di suatu forum sebagai aksi lanjutan setelah pemboikotan produk Prancis oleh Turki beberapa waktu lalu. Dalam postingannya yang disertai foto, menunjukkan Presiden Erdogan seolah-olah memalingkan muka saat Presiden Macron mengajaknya bersalaman.

Setelah dilakukan penelusuran gambar menggunakan TinEye didapatkan bahwa foto tersebut pertama kali diupload oleh Ludovic Marin yakni seorang fotografer agensi berita Agence France-Presse (AFP) melalui website www.gettyimages.com pada tahun 2018.

Penjelasan lebih lanjut melalui deskripsi menyatakan postingan foto Presiden Macron yang mengajak bersalaman Presiden Erdogan diambil di markas besar PBB di New York, AS saat momen perhelatan Sidang PBB Tahunan (General Assembly of the United Nations) pada tanggal 25 September 2018.

Akun Ludovic memiliki koleksi foto lain yang menunjukkan Presiden Erdogan dan Presiden Macron melakukan jabat tangan di tempat dan momen perhelatan yang sama.

Berdasarkan hasil penelusuran foto dapat disimpulkan bahwa klaim Presiden Erdogan menolak bersalaman dengan Presiden Macron sebagai aksi lanjut setelah pemboikotan adalah HOAX dan termasuk kategori False Context.

=====

REFERENSI:

https://www.gettyimages.com/detail/news-photo/french-president-emmanuel-macron-meets-with-his-couterpart-news-photo/1040458104

https://www.gettyimages.com/detail/news-photo/french-president-emmanuel-macron-meets-with-his-couterpart-news-photo/1040458008

https://www.gettyimages.com/detail/news-photo/french-president-emmanuel-macron-meets-with-his-couterpart-news-photo/1040428532

https://www.indiatoday.in/fact-check/story/fact-check-old-pic-viral-as-erdogan-snub-to-macron-amid-turkey-france-tensions-1738386-2020-11-05