[SALAH] Video Logo Pornhub Muncul Saat Siaran CNN

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat Universitas Pendidikan Indonesia)

Video tersebut merupakan hasil suntingan. Faktanya, melalui akun Twitter resmi John King, reporter CNN yang membawakan berita pilpres Amerika Serikat bersama dengan Wolf Blitzer mengonfirmasi bahwa kemunculan logo Pornhub dalam siarannya tidak benar.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

====

Sumber: Twitter
https://archive.vn/liFaW

====

Narasi:

“CNN had Pornhub open 😭😭😭 #Election2020 #Vote2020 #CNNElection”

====

Penjelasan:

Akun Twitter Patrick (@PatrickSikler) mengunggah cuitan berupa narasi dan video singkat berdurasi 12 detik yang menampilkan logo Pornhub pada siaran berita pilpres Amerika Serikat di CNN pada 6 November 2020. Cuitan tersebut telah mendapat respon sebanyak 6,5rb balasan, 42,2rb retweet, dan 122rb suka.

Berdasarkan hasil penelurusan, video unggahan tersebut merupakan hasil suntingan. Melalui akun Twitter resmi @tancredipalmeri, jurnalis Italia bernama Tancredi Palmeri mengunggah cuitan berupa narasi dan video asli dari video siaran CNN yang telah dimanipulasi. John King, reporter CNN yang menyiarkan berita pilpres Amerika Serikat pada video itu bersama dengan Wold Blitzer, mengonfirmasi kemunculan logo Pornhub itu tidak benar melalui akun Twitter resminya (@JohnKingCNN).

“Not. Some clown taking time away from lying about something else apparently because they don’t like math.”

“Tidak. Seseorang berusaha melucu membuang waktu dengan berbohong akan sesuatu hanya karena mereka tidak suka hasil perhitungan (pemilu),” ungkapnya.

Dengan demikian, cuitan akun Twitter Patrick (@PatrickSikler) berupa narasi dan video dapat dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi karena di dalam video asli siaran berita pilpres CNN yang dibawakan oleh reporter John King dan Wolf Blitzer tidak tampak logo Pornhub.

====

Referensi:

https://twitter.com/i/events/1324707117954076678

https://www.snopes.com/fact-check/pornhub-logo-cnn/