[SALAH] Foto Mengerikan dan Patah Hati Tahun 2020

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (Institut Agama Islam Negeri Surakarta).

Informasi palsu. Foto tersebut tidak memiliki hubungan dengan peristiwa gempa Turki, yang terjadi pada 30 Oktober 2020 lalu. Faktanya, foto tersebut diambil pada tahun 2018.

Selengkapnya pada penjelasan!

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Salah

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.fo/6kHbw

= = = = =

NARASI:

“Another Horrifying and Heartbroken Pic of the year 2k20

😓

” Oh! God This Heartflirt dog voice begitu Hepled with you for humanism”#PrayForTurky

Terjemahan

“Foto Mengerikan dan Patah Hati lainnya tahun 2k20

😓

“Oh! Tuhan, suara anjing Heartflirt ini memohon kepada Anda untuk kemanusiaan”#PrayForTurky

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar di Twitter akun bernama KumarMukesh memposting dua buah foto yang masing-masing memperlihatkan seekor anjing sedang berada di tengah-tengah bangunan roboh dan diklaim merupakan kejadian pada tahun 2020. Postingan yang diunggah pada 30 Oktober 2020 tersebut diakhiri dengan tagar #PrayForTurky.

Setelah ditelusuri klaim tersebut salah. Melansir dari teyit.org ditemukan fakta bahwa foto tersebut milik Jaroslav Noska yang telah beredar sejak 2018.

“Di arsip Noska, terlihat foto-foto anjing di pos dengan judul upaya pencarian dan penyelamatan pascagempa dapat dilihat bersama.”Informasi serupa juga didapatkan pada amy.com yang menerangkan contributor foto tersebut adalah Jaroslav Noska. Kemudian, foto dengan judul “Dog looking for injured people in ruins after earthquake” ini diunggah pada 18 Oktober 2018.

Dengan demikian, postingan Twitter yang mengklaim foto tersebut merupakan kejadian pada tahun 2020 adalah tidak benar. Karena foto tersebut diambil pada tahun 2018 oleh Jaroslav Noska, sehingga hal tersebut masuk ke dalam kategori konten yang salah.

REFERENSI:

https://teyit.org/kopeklerin-fotograflarinin-elazig…https://www.alamy.com/dog-looking-for-injured-people-in…https://www.alamy.com/dog-looking-for-injured-people-in…