[SALAH] Video Pesawat Bergambar Rizieq Shihab Hadiah dari Raja Salman

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Informasi yang salah. Faktanya, video tersebut bukan memberitakan hadiah pesawat dari Raja Salman untuk Rizieq, melainkan merupakan video animasi yang sudah beredar sejak tahun 2017 yang lalu.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/afiDk

= = = = =

NARASI:

“BREAKING NEWS: Hadiah terbesar dari Raja Salman Arab Saudi”

= = = = =

PENJELASAN:

Pengguna Facebook Edi S dalam forum Kami Bersama Gatot Nurmantyo mengunggah sebuah video (5/11) yang menunjukkan mendaratnya pesawat bergambar Habib Rizieq. Dalam video tersebut juga terdapat judul berita yang menyatakan bahwa pesawat tersebut merupakan hadiah dari Raja Salman untuk Habib Rizieq.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut bukan merupakan video yang memberitakan hadiah pesawat dari Raja Salman untuk Habib Rizieq, melainkan merupakan video animasi yang sudah beredar sejak tahun 2017 yang lalu. Video animasi pesawat yang sebenarnya telah diunggah oleh kanal YouTube AMF Channel pada 27 Desember 2017 serta kanal YouTube Studio Habibi pada 31 Desember 2017.

Dengan demikian, video yang diunggah oleh pengguna Facebook Edi S dalam forum Kami Bersama Gatot Nurmantyo tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/Wb7xGgWk-video-penampakan-pesawat-rizieq-shihab-tiba-di-indonesia-ini-faktanya
https://www.youtube.com/watch?v=T-agzCtgWuc
https://www.youtube.com/watch?v=CGslvKc4KrI