[SALAH] Ulama KH Amir Hamzah Diserang Di Pancoran, Jakarta Selatan

Hasil periksa fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya sosok di dalam video bukanlah KH Amir Hamzah. Melalui sebuah video klarifikasi, Amir menjelaskan jika dirinya dalam kondisi baik, dan tidak sedang berada di Jakarta melainkan di Banten.

Selengkapnya ada di penjelasan.

===

[KATEGORI]:
Misleading Content

===

[SUMBER]:
FACEBOOK

https://archive.vn/xbZbQ

===

[NARASI]:

Terjadi Penyerangan kembali Terhadap Ulama tadi siang Sabtu 31 Okt 2020 di MESJID SALAFIYAH – PONPES DARUL ISLAH,Buncit – Mampang Prapatan Jakarta Selatan..
Yang di serang KH. AMIR HAMZAH

===

[PENJELASAN]:

Beredar video di sosial media, yang menunjukkan para santri membawa seseorang yang diklaim merupakan seorang ulama yaitu KH Amir Hamzah.

Dalam narasi postingannya, akun Facebook Balqis Adzkiya menyebutkan bahwa Ustadz KH Amir Hamzah telah diserang di Masjid Pondok Pesantren Daarul Ishlah Assalafi, Pancoran, Jakarta Selatan.

Berdasar penelusuran, informasi tersebut tidak benar. Melansir dari medcom.id KH Amir Hamzah melalui sebuah video klarifikasi menyatakan kondisinya yang baik-baik saja. Lebih lanjut Amir menjelaskan jika dirinya tidak sedang berada di lokasi kejadian yakni Pancoran, Jakarta Selatan melainkan tengah berada di Banten, Jawa Barat.

“Kebetulan kami ini tidak ada di lokasi, sedang berada di Banten, Jiput, Pondok Pesantren Daarul Ishlah untuk menghadiri maulid Nabi besar Muhammad SAW. Alhamdulillah kami sehat walafiat,” jelas Amir.

Sementara keterangan juga disampaikan oleh pihak kepolisian. Melansir dari kompas.com, Kepolisian Sektor Pancoran, Polres Metro Jakarta Selatan menegaskan bahwa informasi penyerangan KH Amir Hamzah adalah tidak benar.

“Itu hoaks (kabar bohong), ustadznya baik-baik saja,” jelas Kapolsek Pancoran Kompol Anies Supriyanto.

Dari hasil penelusuran yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa narasi tentang penyerangan ulama KH Amir Hamzah adalah hoaks kategori misleading content.

===

[REFERENSI]:

https://m.medcom.id/telusur/cek-fakta/RkjlyDQN-beredar-video-penyerangan-ulama-di-pancoran-jakarta-selatan-ini-faktanya

https://amp.kompas.com/megapolitan/read/2020/11/02/15072941/bantah-info-penyerangan-ulama-di-pancoran-ini-penjelasan-polisi

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4397559/hoaks-penyerangan-ulama-di-pancoran-ini-faktanya