[SALAH] Video Perempuan Berhijab Diserang di Perancis

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Narasi yang salah. Faktanya, video tersebut merupakan video penyerangan terhadap gadis berusia 16 tahun di London, Inggris pada 13 November 2012.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Salah/False Context

====

Sumber: Pesan WhatsApp

====

Narasi:

“Prancis sudah gila orang berhijab diserang dimana mana.”

====

Penjelasan:

Telah beredar pesan di grup WhatsApp yang berisi video penyerangan perempuan di trotoar dengan narasi yang menggambarkan peristiwa penyerangan perempuan berhijab itu terjadi di Perancis.

Berdasarkan hasil penelusuran, mengutip dari CNN, video tersebut merupakan video penyerangan terhadap gadis berusia 16 tahun yang terekam oleh CCTV di trotoar jalan London timur pada 13 November 2012. Diketahui pelaku mengikuti korban sekitar 500 meter dari rumahnya sebelum berlari lebih dekat dan memukul kepala korban. Mengutip dari The Guardian, pelaku penyerangan yang bernama Michael Ayoade telah dijatuhi hukuman penjara di pengadilan mahkota London Dalam selama 4 tahun pada 23 Februari 2013.

Dengan demikian, pesan yang beredar di grup WhatsApp tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Salah/False Context karena video tersebut bukan video peristiwa penyerangan perempuan berhijab di Perancis, melainkan video penyerangan terhadap gadis berusia 16 tahun di London, Inggris pada 13 November 2012.

====

Referensi:

https://edition.cnn.com/2012/11/21/world/europe/uk-police-girl-hit/index.html

https://www.theguardian.com/uk/2013/feb/25/east-london-man-jailed-attacks