[SALAH] “Sesumbarnya Arief Budiman Buat DONALD TRUMP Kalau Pengin Sukses Seperti Pak JOKOWI.”

Gambar editan / suntingan. Judul asli artikel pada gambar itu adalah “4 Fakta Kotak Suara Kardus untuk Pemilu 2019”. Artikel ini dimuat di situs Liputan6.com pada 18 Desember 2018.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Dimanpulasi
============================================

Aku Putra Inka (fp.com/dennissikobo.taww/) mengunggah sebuah gambar tangkapan layar dengan narasi sebagai berikut:

“Sesumbarnya Arief Budiman Buat DONALD TRUMP Kalau Pengin Sukses Seperti Pak JOKOWI.”

Pada gambar tersebut, terdapat judul artikel “Arief Budiman: Andai Trump Mengizinkan Saya Membantu Pasti Dia Bisa Menang” dan terdapat foto Ketua KPU Arief Budiman yang sedang menduduki kotak suara.

Sumber : https://archive.md/Ix37P (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Medcom, klaim bahwa ada artikel berjudul “Arief Budiman: Andai Trump Mengizinkan Saya Membantu Pasti Dia Bisa Menang” adalah klaim yang keliru.

Faktanya, gambar itu adalah gambar hasil editan atau suntingan. Judul asli artikel pada gambar itu adalah “4 Fakta Kotak Suara Kardus untuk Pemilu 2019”. Artikel ini dimuat di situs Liputan6.com pada 18 Desember 2018.

Foto itu diberi keterangan sebagai berikut: “Ketua KPU Arief Budiman menunjukkan kotak suara Pemilu 2019. (Liputan6.com/Raden Trimutia Hatta)”. Dikutip dari Liputan6, saat itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) memamerkan kotak suara untuk Pemilu 2019.

REFERENSI
https://www.liputan6.com/news/read/3839178/4-fakta-kotak-suara-kardus-untuk-pemilu-2019
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/Gbmq3YLb-cek-fakta-ketua-kpu-siap-membantu-trump-menang-di-pilpres-as-ini-faktanya

About Adi Syafitrah 1140 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo