[SALAH] Pemerintah Berikan Bantuan Internet Gratis Selama Pandemi Covid-19

Hasil periksa fakta Erviana Hasan (Universitas Halu Oleo).

Faktanya, informasi tersebut merupakan informasi yang hanya mengatasnamakan pihak PT Telekomunikasi Seluler Indonesia atau disebut Telkomsel.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

= = = =

[KATEGORI]:

KONTEN PALSU

= = = =

[SUMBER]:

WHATSAPP

= = = = =

[NARASI]:

“*Pemerintah bekerjasama dengan semua operator memberikan bantuan internet gratis selama pandemi C0vid-19*
*Gratis untuk 100000 Rupiah pulsa*
Apakah Anda sudah terpilih untuk
*PT Telekomunikasi Selular Indonesia Program Hadiah Pelanggan Setia*? Ini adalah peluang untuk memenangkan *100000 Rupiah, gratis isi ulang* jika Anda telah menggunakan PT Telekomunikasi Selular Indonesia secara teratur selama lebih dari 3 bulan.
Tenggat waktu:2020-11-30
Dukungan teknis: WhatsApp
*Dapatkan sekarang DI SINI*
https : // happy – 17 . xyz / money / index . php ? = ss1603930402257 “

= = = = =

[PENJELASAN]:

Beredar pesan melalui Whatsapp yang memberi informasi bahwa pemerintah telah bekerja sama dengan semua operator untuk memberikan bantuan internet gratis selama masa pandemi Covid-19.

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui hal tersebut merupakan berita yang tidak benar, pasalnya pihak dari PT. Telkom Indonesia (Telekomunikasi Seluler Indonesia) telah mengkonfirmasi hal tersebut melalui informasi tertulis yang diberikan Supervisor Corporate Communication Regional Jawa Barat Telkomsel, Maulidzar Zulmi.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh Direktur Jenderal Pos dan Penyelenggaraan Informatika (PPI) Ahmad Ramli mengimbau agar tidak percaya dengan kabar tersebut, dan lebih berhati-hati dengan pencurian data pribadi. Ia juga mengatakan program yang berasal dari pemerintah adalah berupa kerja sama dengan operator telekomunikasi dengan memberikan layanan internet gratis melalui platform dunia pendidikan.

Berdasarkan seluruh referensi yang ada klaim Pemerintah Berikan Bantuan Internet Gratis Selama Pandemi Covid-19
termasuk hoaks dengan kategori konten palsu.

= = = = =

[REFERENSI:

https://deskjabar.pikiran-rakyat.com/jabar/pr-113882233/pandemi-covid-19-telkomsel-meminta-masyarakat-berhati-hati-isu-internet-gratis

https://id.berita.yahoo.com/cek-fakta-hoaks-informasi-internet-073002999.html

https://fixindonesia.pikiran-rakyat.com/cek-fakta/pr-36888023/cek-fakta-pemerintah-dan-semua-operator-beri-bantuan-internet-gratis-rp100-ribu-ini-penjelasannya