[SALAH] Para Mahasiswi di India Memakai Lungi Setelah Universitas Kerala Melarang Pemakaian Celana Jeans

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra (Universitas Diponegoro)

Informasi tersebut salah. Faktanya, foto mahasiswi di India yang memakai lungi (sejenis sarung) tersebut diambil pada tahun 2015, bukan 2020. Serta dilakukan di Amerika Serikat untuk mendukung aktor India, Mahesh Babu, bukan sebagai aksi menentang Universitas Kerala.

=====

KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH / FALSE CONTEXT

=====

Sumber: Postingan Twitter @shahid_siddiqui
https://archive.fo/Vvoxb

=====

Narasi:
“College in Kerala banned jeans, girls came in lungis, college still thinking what to do next.”

Terjemahan:
“Universitas di Kerala melarang pemakaian celana jeans, para mahasiswa datang dengan lungi, pihak universitas masih berpikir apa yang akan dilakukan selanjutnya”

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @shahid_siddiqui (shahid siddiqui), menulis cuitan yang diunggah pada 28 Oktober 2020. Cuitan tersebut menyebarluaskan informasi bahwa tautan foto yang dilampirkan dalam cuitan tersebut merupakan aksi protes para mahasiswi di Universitas Kerala, India, karena dilarang mengenakan celana jeans. Cuitan tersebut telah dibagikan ulang sebanyak 735 kali. Selain itu, terdapat 5.652 orang yang telah menyukai cuitan tersebut, diikuti dengan 432 orang memberikan komentar.

Berdasarkan hasil penelurusan, seperti yang dilansir di portal berita Chitramala, foto tersebut merupakan aksi yang dilakukan oleh wanita-wanita Indian di Amerika Serikat sebagai cara untuk mengekspresikan kecintaan mereka terhadap aktor India bernama Mahesh Babu. Filmnya yang berjudul “Srimanthudu” sempat masuk dalam box office Amerika Serikat. Selain itu, foto tersebut juga diambil pada 11 Agustus 2015. Klaim serupa juga dimuat dalam situs iQlik Movies.

Informasi dengan topik serupa juga pernah dimuat di situs The Times of India dengan judul artikel “Fact check: did female students wear lungis after Kerala college banned jeans?” dan mengkategorikannya sebagai false.

Dengan demikian, pernyataan yang ditulis oleh @ shahid_siddiqui tersebut dapat dikategorikan sebagai konteks yang salah, sebab akun tersebut telah memberikan narasi yang salah terhadap foto wanita mengenakan lungi di Amerika Serikat pada tahun 2015.

=====

REFERENSI:
https://www.chitramala.in/maheshs-lungi-effect-on-usa-ladies-196731.html
https://www.iqlikmovies.com/news/article/2015/08/11/Superstar–s-Lungi-Effect-on-Girls-/10465
https://timesofindia.indiatimes.com/times-fact-check/news/fact-check-did-female-students-wear-lungis-after-kerala-college-banned-jeans/articleshow/78929809.cms