[SALAH] Akun Facebook Wagub DKI Jakarta “Ahmad Riza Patria”

Akun Facebook tersebut palsu. Melalui media sosial Instagram dan Facebook resminya, Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan akun Facebook “Ahmad Riza Patria” yang tidak bercentang biru bukanlah miliknya. Masyarakat diimbau waspada, lantaran akun palsu tersebut terindikasi melakukan tindak penipuan.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FABRICATED CONTENT/KONTEN PALSU

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK

===

NARASI:

“Ahmad Riza Patria”

===

PENJELASAN: Muncul sebuah akun Facebook dengan nama “Ahmad Riza Patria” menggunakan foto Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ariza Patria. Akun tersebut diketahui mengirimkan sejumlah pesan dengan modus meminta nomor kode Whatsapp si pemilik akun Facebook lainnya. 

Menanggapi hal tersebut, Ariza Patria melalui media sosial Instagram resminya @bangriza menegaskan bahwa akun Facebook dengan nama “Ahmad Riza Patria” bukan miliknya. Masyarakat diimbau waspada, lantaran akun tersebut terindikasi melakukan tindak penipuan.

Berikut klarifikasi resmi oleh Ariza Patria:

“WARNING*: Hati-hati Ada Akun Facebook Palsu atas Nama Ariza Patria.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bapak, Ibu dan teman-teman yang saya hormati. Terima kasih sudah menjalankan 3M. Tadi pagi, saya dikabari ada akun Facebook yang mengatasnamakan Ahmad Riza Patria.

Akun tersebut mengirim pesan lewat aplikasi percakapan Facebook Messenger ke beberapa orang.

Dengan hormat saya sampaikan, bahwa akun saya yang asli adalah Fanpage Ariza Patria – @BangAriza https://www.facebook.com/BangAriza/ yang telah diverifikasi oleh Facebook (centang biru).

Sedangkan akun ini https://www.facebook.com/ahmadriza.patria.167 adalah palsu atau bukan akun saya. Berikut akun-akun media sosial saya yang asli:

Facebook: @BangAriza – Ariza Patria (Centang Biru)
Instagram: @bangAriza – Ariza Patria (Centang Biru)
Twitter : @BangAriza – Ariza Patria (Centang Biru).

Jika ada akun media sosial selain akun-akun di atas, maka itu bukan akun saya.

Kami mengimbau masyarakat agar berhati-hati dengan akun palsu yang mencari keuntungan di media sosial, caranya: 1) abaikan pesan apapun yang dikirimkan, 2) jangan pernah memberikan informasi walau hanya satu huruf.

Dari halaman Facebook Help yang saya baca: Penipuan di Facebook terjadi saat orang membuat akun palsu atau meretas akun Facebook yang ada atau Halaman yang Anda sukai.

Penipu menggunakan akun palsu atau akun yang diragukan untuk mengelabui Anda agar memberikan uang atau informasi pribadi kepadanya. Penipuan umum di Facebook antara lain:

Penipuan berkedok cinta, penipuan undian, penipuan pinjaman, pencuri token akses, penipuan lowongan kerja, dll.

Mohon dipelajari selengkapnya di tautan ini https://id-id.facebook.com/help/1674717642789671.

Terima kasih Bapak, Ibu dan teman-teman semua. Jaga kesehatan, kita menjalankan 3M bukan semata karena ada peraturannya, namun yang lebih utama niat kita menjalankan 3M untuk menjaga keselamatan masyarakat Jakarta.

Insya Allah 3M yang kita jalankan bernilai Ibadah. Terima kasih sudah saling menjaga dengan 3M. Hormat kami, Ariza Patria.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Jakarta, Sabtu 31 Oktober 2020, Pukul 15.40 WIB.”

===

REFERENSI:

https://www.instagram.com/p/CHAHpRCnkxx/
https://web.facebook.com/BangAriza/posts/3480133702062170?
https://archive.fo/Uibvz