[SALAH] “TGL 28 SAYA SIAP DITURUNKAN!!”

Informasi palsu. Foto yang digunakan merupakan momen saat Presiden RI Joko Widodo membuka Musyawarah Besar X Pemuda Pancasila pada 26 Oktober 2019. Dalam pidatonya Jokowi membahas mengenai proses pembentukan Kabinet Indonesia Maju.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: MISLEADING CONTENT/KONTEN MENYESATKAN

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK

===

NARASI: “TGL 28 SAYA SIAP DITURUNKAN!!”

===

PENJELASAN: Melalui media sosial Facebook, akun Mahfidzshidiq Nawawy membagikan foto Presiden RI Joko Widodo dengan narasi pada foto “TGL 28 SAYA SIAP DITURUNKAN!!”. Unggahan yang dibagikan pada 26 Oktober 2020 tersebut telah mendapat 1,3 ribu komentar dan dibagikan sebanyak 169 kali oleh pengguna Facebook lainnya.

Coba melakukan penelusuran lebih lanjut, foto yang digunakan diketahui merupakan momen saat Jokowi tengah membuka Musyawarah Besar X Pemuda Pancasila di Lagoan Garden, Hotel Sultan pada 26 Oktober 2019. Momen tersebut dibagikan pada laman resmi Presidenri.go.id berjudul “Cerita Presiden Jokowi Soal Sulitnya Susun Kabinet”.

Dalam pidatonya, Jokowi bercerita mengenai proses pembentukan Kabinet Indonesia Maju. Pada pidato tersebut, tidak ditemukan adanya pernyataan Jokowi seperti halnya yang diunggah oleh akun Facebook Mahfidzshidiq Nawawy.

Mengacu pada seluruh referensi, klaim Jokowi menyatakan “TGL 28 SAYA SIAP DITURUNKAN!!” adalah tidak berdasar. Unggahan tersebut masuk ke dalam kategori misleading content atau konten menyesatkan.

===

REFERENSI:

https://www.presidenri.go.id/siaran-pers/cerita-presiden-jokowi-soal-sulitnya-susun-kabinet/
https://www.presidenri.go.id/foto/presiden-resmikan-mubes-x-pemuda-pancasila/
https://www.suara.com/foto/2019/10/26/164226/presiden-jokowi-hadiri-pembukaan-mubes-x-pemuda-pancasila
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20191026100742-20-443041/pakai-loreng-oranye-jokowi-hadir-di-acara-pemuda-pancasila
https://archive.fo/DesJr