[SALAH] Telegram Kemenkop UKKM “Kemenkopukm_info”

Hasil periksa fakta Rahma An Nisa (Uin Sunan Ampel Surabaya). Akun Telegram dengan username “Kemenkopukm_info” bukanlah milik Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM). Informasi tersebut tidak benar. Dalam akun Instagram resmi @kemenkopukm mengonfirmasi bahwa akun Telegram dengan username “@Kemenkopukm_info” palsu atau hoax.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

= = = = =

[KATEGORI]: KONTEN PALSU

= = = = =

[SUMBER]: TELEGRAM

= = = = =

[NARASI]:

Telegram Kemenkop UKKM Beredar di Masyarakat
= = = = =

[PENJELASAN]:

Beredar akun Telegram Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM). Lewat pesan singkat Telegram, akun tersebut membagikan link formulir berisi informasi untuk pengajuan Banpres Produktif Usaha Mikro dan pendaftaran Bantuan Modal Kerja Darurat yang meminta data lengkap dan mengatasnamakan Menteri Koperasi dan UKM.

Sebelumnya juga pernah tersebar hoax mengenai link pendataan yang telah di bahas di website turnbackhoax dengan judul “Situs Formulir Online BANPRES oleh Kementrian Koperasi dan UKM” pada tanggal 20 Oktober 2020.
Setelah dilakukan penelusuran, diketahui akun tersebut adalah palsu dan bukan dikelola oleh Kemenkop UKM. Pihak Kemenkop UKM, menghimbau masyarakat selalu berhati-hati saat dihubungi oleh akun atau nomor yang tidak dikenal, terutama akun yang mengatasnamakan Kemenkop UKM.

Melalui akun instagram resmi Kemenkop UKM mengatakan,

“#SobatKUKM harap lebih waspada terhadap informasi yang beredar mengatasnamakan akun media sosial KemenkopUKM.

KemenkopUKM tidak memiliki saluran telegram ya Sobat. Harap berhati-hati #SobatKUKM pastikan data pribadi diberikan kepada pihak yang bertanggung jawab.”

Dilansir dari fame.grid.id bantuan BLT UMKM sendiri masih dalam tahap II. Seleksi tahap II lebih diperketat lagi dibandingkan tahap I. Pihak Kemenkop UKM pun lebih mengutamakan para UMKM yang berasal dari wilayah yang penyalurannya masih kecil, seperti Maluku, Kalimantan, dan NTT.

Dengan demikian, informasi terkait akun Telegram Kementrian Koperasi dan Usaha Menengah Kecil termasuk hoax dengan kategori konten palsu.

= = = = =

[REFERENSI]:

https://www.instagram.com/p/CGrbrMsDu3z/?utm_source=ig_embed

https://fame.grid.id/read/462397549/waspada-hoax-beredar-formulir-online-palsu-blt-umkm-tahap-iii-begini-cirinya?page=all

https://ringtimesbali.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-28864416/link-siapbersamaumkmcom-dan-telegram-kemenkop-hoaks-berikut-cara-daftar-yang-benar