[SALAH] “Rakyat Minta Saya Menjabat 8 Tahun, Terkadang Saya Merasa Seperti “UMAR BIN KHATTAB””

Hasil periksa fakta Rahma An Nisa (Uin Sunan Ampel Surabaya).

Faktanya, judul dalam berita tersebut disunting. Dalam berita aslinya tertulis “PDIP Sebut Jokowi Lebih Baik Dari Putin, Sekjen PBB: Di mana Nawacita?”.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

============

[KATEGORI]:

KONTEN YANG DIMANIPULASI

============

[SUMBER]: FACEBOOK

https://archive.vn/GmiGy

============

[NARASI]:

“Rakyat Minta Saya Menjabat 8 Tahun, Terkadang Saya Merasa Seperti “UMAR BIN KHATTAB””

============

[PENJELASAN]:

Akun Facebook yang bernama Prabu Wicaksono membagikan postingan di akun pribadinya, pada tanggal 24 Oktober 2020 pukul 11.50. Dalam postingan tersebut yang juga disertai dengan gambar, menarasikan bahwa rakyat minta saya menjabat 8 tahun, terkadang saya merasa seperti “umar bin khattab”. Unggahan tersebut telah direspon sebanyak 14 komentar.

Berdasarkan hasil penelusuran yang dilakukan, foto tersebut merupakan foto yang berasar dari portal berita gelora.co. Berita aslinya berjudul “PDIP Sebut Jokowi Lebih Baik Dari Putin, Sekjen PBB: Di mana Nawacita?” yang dimuat pada 31 Maret 2018. Terdapat fakta lainnya foto Jokowi dalam artikel itu juga terdapat pada situs berita medan.tribunnews.com berjudul “Keluarga Uno Dukung Jokowi, Raja Juli Antoni: Pertanda Buruk bagi Sandiaga”, diunggah pada 1 Maret 2019.

Berdasar dari seluruh referensi, unggahan akun Facebook Prabu Wicaksono adalah hoaks dan masuk ke dalam kategori manipulated content atau konten manipulasi.

============

[REFERENSI]:

https://www.gelora.co/2018/03/pdip-sebut-jokowi-lebih-baik-dari-putin_31.html

https://medan.tribunnews.com/2019/03/01/keluarga-uno-dukung-jokowi-raja-juli-antoni-pertanda-buruk-bagi-sandiaga

https://www.kominfo.go.id/content/detail/20221/hoaks-menjabat-8-tahun-merasa-seperti-umar-bin-khattab/0/laporan_isu_hoaks